Gunung Merapi Kembali Erupsi Pagi Ini

Gunung Merapi Kembali Erupsi Pagi Ini
Erupsi Gunung merapi pada Selasa pagi. (Twitter.com/Merapi_news)

Pagi hari ini, Selasa (3/3/2020) pukul 05.22 WIB Gunung Merapi mengalami Erupsi. Erupsi ini adalah yang kedua kalinya terjadi sepanjang 2020.

Inibaru.id – Gunung Merapi mengalami erupsi pada hari ini, Selasa (3/3/2020). Erupsi terjadi pada pukul 05.22 WIB. Berdasarkan informasi yang dikeluarkan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), letusan pagi ini menyebabkan munculnya kolom abu dengan tinggi sekitar 6.000 meter di atas puncak Merapi. Selain itu, guguran awan panas mengarah ke hulu Kali Gendol sejauh 2 kilometer.

Saat erupsi berlangsung, arah angin menuju ke utara. Kolom abu erupsi memiliki warna putih hingga keabu-abuan dengan intensitas sedang dan tebal ke arah utara. Erupsi sempat terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 75 mm. Durasi erupsi sekitar 450 detik.

Erupsi Gunung Merapi. (twitter.com/globalissuesweb)
Erupsi Gunung Merapi. (twitter.com/globalissuesweb)

Sepanjang tahun 2020, Gunung Merapi telah mengalami erupsi dua kali. Sebelumnya, gunung yang ada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini juga meletus pada Kamis (13/2). Saat itu, erupsi juga berlangsung di pagi hari, tepatnya pada pukul 05.16 WIB dengan kolom abu sekitar 2.000 meter di atas puncak. Erupsi berdurasi 105 detik dengan amplitudo maksimum 75 mm.

Beberapa saat setelah erupsi berakhir, beberapa wilayah di Kabupaten Boyolali dan Klaten, Jawa Tengah mulai diguyur hujan abu yang cukup deras.

Hingga saat ini, status Gunung Merapi masih ada di Level 2 atau Waspada. Status ini belum berubah sejak 21 Mei 2018. Pemerintah meminta masyarakat untuk menjauhi area bahaya dengan radius 3 km dari puncak Merapi. Imbauan ini bertujuan untuk menghindari risiko terkena luncuran awan panas atau jatuhan material dari kubah lava. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk mewaspadai banjir lahar, khususnya jika terjadi hujan yang cukup deras di kawasan hulu sungai.

Millens sempat melihat letusan Gunung Merapi di pagi hari ini nggak? (Tir/IB09/E06)