Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas Sejauh 950 Meter

Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas Sejauh 950 Meter
Gunung Merapi (Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Hari ini, Rabu (14/8/2019), Gunung Merapi meluncurkan awan panas sejauh 950 meter ke arah hulu Kali Gendol. Seperti apa rekomendasi BPPTKG terkait dengan hal ini?

Inibaru.id – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebut Gunung Merapi mengeluarkan awan panas pada Rabu (14/8/2019) pukul 04.52 WIB. Awan panas ini meluncur ke arah hulu Sungai Gendol dengan jarak 950 meter.

Laman Antaranews, Rabu (14/8) menulis, Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Agus Wibowo menyebut awan panas ini tercatat di seismograf dengan durasi 95,80 detik dan amplitudo maksimum 50 milimeter.

Gunung dengan ketinggian 2.968 meter di perbatasan Jawa Tengah dan DIY ini sudah ditetapkan dalam status Waspada atau Level II sejak 21 Mei 2018 atau lebih dari satu tahun lalu. Pada 10 Agustus 2019 lalu, BPPTKG bahkan mencatat terjadinya 10 kali gempa guguran, dua kali gempa tektonik jauh, dan masing-masing sekali gempa embusan, gempa frekuensi rendah, dan gempa fase banyak di gunung ini.

BPPTKG merekomendasikan larangan pendakian Gunung Merapi untuk sementara, terkecuali untuk kebutuhan penelitian atau penyelidikan yang terkait dengan mitigasi bencana. Masyarakat juga diminta untuk tidak mendekati radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi demi mencegah hal-hal yang nggak diinginkan.

Selain melarang masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di radius tersebut, masyarakat yang ada di Kawasan Rawan Bencana III diminta untuk lebih waspada dengan aktivitas vulkanik Gunung Merapi. Hal ini karena adanya risiko munculnya awan panas, aliran lava, hingga lontaran vulkanik.

Sejauh ini, aktivitas wisata di lereng Gunung Merapi masih berjalan dengan normal. Hanya saja, ada baiknya memang pelancong tetap mewaspadai kemungkinan erupsi di gunung yang dikenal aktif ini.

Jika perlu, kamu bisa mengikuti akun-akun yang mengabarkan kabar tentang kondisi Gunung Merapi agar lebih waspada, ya Millens. (IB09/E04)