Gunakan Tujuh Bahan Alami Ini untuk Mengatasi Rambut Rontok

Gunakan Tujuh Bahan Alami Ini untuk Mengatasi Rambut Rontok
Ilustrasi rambut rontok. (Shopback)

Nggak perlu mahal, mengatasi rambut rontok juga bisa dilakukan menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan. Lalu bahan apa aja sih yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi rambut rontok?

Inibaru.id – Memiliki rambut yang sehat, tebal, dan kuat adalah dambaan setiap orang. Sayangnya rambut rontok bisa bikin impianmu untuk punya rambut tebal dan sehat buyar begitu saja.

Menggunakan produk-produk berbahan kimia memang membantu. Tapi nggak ada salahnya untuk memakai berbagai bahan alami yang mudah didapatkan ini. Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi bahan alami yang dapat membantumu mengatasi rambut rontok.

1. Santan Kelapa

Santan kelapa. (pinterest.com)

Salah satu alasan utama penyebab rambut rontok adalah kulit kepala yang kering. Nah, santan kelapa dikenal mampu menjadi pelembap yang bagus untuk mengatasi kekeringan pada kulit kepala. Inilah alasan mengapa banyak produk sampo dan kondisioner banyak yang menggunakan kelapa sebagai bahan bakunya. Cara pakainya gampang banget! Cukup oleskan santan ke akar rambutmu dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya. (Shutterstock)

Sari lidah buaya juga bagus untuk mengatasi rambut rontok secara alami. Sebelum mengaplikasikannya, membersihkan rambut terlebih dahulu. Lalu kupas lidah buaya dan ambil isinya sesuai yang kamu butuhkan. Ambil sebagian sarinya dan oleskan pada kepalamu secara merata, diamkan beberapa saat. Setelah itu, bilas kepalamu hingga bersih.

3. Jus Jahe

Jus jahe. (islih.com)

Cara mengatasi rambut rontok berikutnya adalah dengan menggunakan jus jahe untuk dioleskan di rambut. Caranya, blender jahe hingga lembut tanpa menggunakan air. Setelah benar-benar lembut, oleskan ke daerah rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 30 menit atau semalaman, lalu bersihkan menggunakan sampo dan bilas hingga bersih.

4. Cuka Apel

Cuka apel. (Shutterstock)

Rambut rontok juga disebabkan oleh folikel rambut yang tersumbat. Folikel rambut merupakan struktur kulit yang berfungsi menumbuhkan rambut. Untuk mencegah atau memperbaiki folikel rambut yang tersumbat, kamu bisa mencoba membilas kulit kepala setelah keramas dengan cuka apel yang telah dilarutkan dalam air. Hal ini dapat membuka pori-pori dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

5. Telur

Telur. (Stylecraze)

Telur mengandung protein yang dapat membantu pertumbuhan rambutmu. Sebab, rambut terdiri dari 70% protein keratin yang dapat diperoleh dari protein telur. Cara menggunakannya, campurkan satu telur dan satu sendok makan minyak zaitun ke dalam mangkuk. Usai keramas, oleskan masker telur tersebut di rambut basahmu, lalu tutup dengan topi mandi selama 10 menit. Setelah benar-benar terserap, bilas dan bersihkan dengan kondisioner pelembap.

6. Bawang dan Madu

Bawang dan madu. (MigraineReliefRecipes.com)

Bawang mengandung sulfur tinggi yang sangat efektif untuk digunakan sebagai obat rambut rontok. Caranya, campurkan air perasan bawang dengan sesendok makan madu. Lalu oleskan di kulit kepala dan diamkan selama dua jam. Setelah itu bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini dengan rutin agar rambutmu menjadi kuat dan nggak gampang rontok.

Kayu Manis

Kayu manis. (Shutterstock)

Kayu manis memiliki kandungan gizi gula, vitamin A, protein, karbohidrat, dan senyawa antioksidan. Nah, zat-zat tersebut sangat bermanfaat untuk mengobati kerontokan rambut secara alami. Caranya dengan mencampurkan bubuk kayu manis, minyak zaitun, dan madu. Lalu oleskan pada kepala dan diamkan selama 15 menit. Lalu bilas hingga bersih. 

Itulah beberapa bahan alami yang dapat membantumu mengatasi rambut rontok.  Selamat mencoba, Millens! (IB07/E06)