Gula Makin Langka dan Mahal, Ini Penyebabnya

Gula Makin Langka dan Mahal, Ini Penyebabnya
Stok gula menipis dan harganya melambung tinggi. (Radar Jombang/Wenny Rosalina)

Terjadi kenaikan harga gula di hampir semua wilayah Indonesia. Selain itu, gula juga semakin sulit didapatkan alias langka. Apa penyebabnya?

Inibaru.id – Harga gula makin melambung tinggi di sejumlah daerah. Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN), harga gula per 9 April 2020 sebesar Rp 18.250/kg. Selain itu, stok gula juga kosong di Perum Bulog Aceh, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Cianjur.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menyebut ada beberapa faktor yang mengakibatkan gula menjadi mahal dan langka. Salah satunya adalah belum terbitnya izin impor gula kristal mentah atau raw sugar. Gula kristal mentah itu nantinya akan diolah anak perusahaan Perum Bulog PT Gendhis Multi Manis (GMM) untuk diubah menjadi gula kristal putih.

Kelangkaan stok gula ini sebenarnya sudah diprediksi sejak akhir 2019. Pada November 2019, Perum Bulog sudah mengajukan izin impor raw sugar.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan izin impor gula baru diberikan pemerintah pada Maret 2020. (Perum Bulog)
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan izin impor gula baru diberikan pemerintah pada Maret 2020. (Perum Bulog)

“Kami sudah memprediksi sejak lama kalau tiap tahun akan ada bahan yang kurang, salah satunya gula. Saat itu GMM sudah selesai giling tebu sehingga saya mengajukan izin impor raw sugar untuk memasok GMM,” kata Budi Waseso pada Jumat (10/4/2020)

Namun, izin impor tersebut baru diberikan Maret 2020 atau saat harga gula di Indonesia sudah merangkak naik.

“Saat itu kami memaksa pada Maret akhir agar bisa impor GKP. Kami mengajukan minimal impor 20 ribu ton GKP. Tapi karena prosedurnya susah, akhirnya ada keterlambatan,” jelas Budi Waseso.

Gula masih menjadi bahan pokok yang sangat dibutuhkan masyarakat. Nggak hanya digunakan untuk sehari-hari, banyak industri kecil dan menengah yang juga sangat membutuhkannya. Harga yang mahal ditambah dengan kelangkaan gula membuat mereka terpukul.

Sabar ya, Millens. Semoga stok gula segera terpenuhi sehingga harganya bisa kembali normal. (Det/IB03/E07)