Greta Thunberg Jadi Person of the Year 2019 Majalah Time
Greta Thunberg. (Pablo Blazquez Dominguez/Getty Images)

Greta Thunberg Jadi Person of the Year 2019 Majalah Time

Remaja Swedia berusia 16 tahun yang merupakan aktivis lingkungan, Greta Thunberg, dinobatkan majalah Time sebagai Person of the Year 2019. Kampanye melawan perubahan iklim yang dilakukannya menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia.

Inibaru.id – Majalah Time menetapkan aktivis perubahan iklim asal Swedia, Greta Thunberg sebagai Person of the Year 2019. Remaja berusia 16 tahun ini dianggap sukses memelopori gerakan anak-anak dan pelajar di seluruh dunia untuk melawan perubahan iklim yang telah memicu dampak buruk bagi lingkungan secara global.

Antara news, Rabu (11/12/19) menulis, Thunberg sudah aktif melakukan kampanye lingkungan sejak 2018. Dari awalnya yang hanya sendirian, kini aksinya telah diikuti oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Pada Agustus 2018 lalu, Thunberg bolos sekolah, berkemah, dan melakukan demonstrasi sendirian di depan gedung parlemen Swedia untuk meminta pemerintah mengambil tindakan demi mengatasi perubahan iklim.

“Dalam 16 bulan sejak kampanye awal itu, dia telah berbicara di hadapan pimpinan-pimpinan pemerintahan di PBB, bertemu dengan Paus, berdebat dengan Presiden Amerika Serikat, dan menginspirasi empat juta orang untuk ikut bergabung dalam aksi jeda untuk iklim (global climate strike) pada 20 September lalu, dalam demonstrasi iklim terbesar sepanjang sejarah peradaban manusia,” tulis majalah tersebut.

Salah satu pidato Thunberg yang paling terkenal adalah yang dilakukan di gedung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), New York, Amerika Serikat.

“Kalian telah mencuri mimpi-mimpi dan masa mudaku dengan janji kosong kalian,” ucapnya.

“Ini salah. Seharusnya saya tidak berada di sini. Seharusnya saya sedang berada di sekolah di belahan dunia lainnya, tapi kalian malah mengandalkan anak muda untuk menjual harapan. Berani-beraninya kalian!” tegasnya.

Greta benar-benar total dalam menjalankan kampanyenya. Dia bahkan nggak mau naik pesawat dan hanya memilih alat transortasi laut demi mengunjungi dua konferensi perubahan iklim di Amerika Serikat.

Wah salut banget dengan Greta Thunberg ya, Millens! (IB09/E06)