Greget, Kampus Ini Gelar Acara Wisuda di Puncak Gunung!

Greget, Kampus Ini Gelar Acara Wisuda di Puncak Gunung!
Wisuda di puncak Gunung Marapi. (Instagram/Mountnesia - Filius Chandra)

Selain mempertimbangkan larangan berkerumun, wisuda di puncak gunung dilakukan agar lebih berkesan. Nah, kampus mana sih yang menyelenggarakan acara yang unik ini?

Inibaru.id – Biasanya, acara wisuda bakal digelar di gedung dengan ukuran yang besar. Kalau nggak diselenggarakan di wilayah kampus sendiri, bisa dilakukan di gedung yang telah disewa. Tapi, sebuah kampus di Jambi justru melakukan acara wisuda di tempat yang sangat nggak biasa, yakni di puncak gunung dengan ketinggian 2.891 meter di atas permukaan laut! Kok bisa?

Kampus yang menyelenggarakan acara yang sangat nggak biasa ini adalah Sekolah Tinggi llmu Kesehatan Baiturrahim (STIKBA) Jambi. Pihak kampus mempertimbangkan larangan untuk melakukan wisuda secara berkerumun sehingga memutuskan untuk menyelenggarakan acaranya di puncak Gunung Marapi.

Prosesi wisuda di puncak gunung. (Instagram/Mountnesia - Filius Chandra)
Prosesi wisuda di puncak gunung. (Instagram/Mountnesia - Filius Chandra)

Ketua STIKBA Jambi beserta dengan perwakilan senat dan seorang perwakilan dari mahasiswa yang menjalani wisuda pun mendaki gunung di Sumatera Barat tersebut sebelum hari wisuda. Nah, di puncak gunung, rombongan inilah yang menyelenggarakan prosesi wisuda. Perwakilan dari mahasiswa pun memakai toga lengkap sebagaimana melakukan wisuda di dalam gedung.

Wisuda unik ini menarik perhatian banyak pihak. Bahkan, Museum Rekor Indonesia (MURI) sampai memberikan apresiasi. MURI menyebut acara ini sebagai wisuda daring yang pertama kali dilakukan di puncak gunung.

“Tentu saja prosesi wisuda ini sangat istimewa karena pihak MURI bahkan sampai memberikan 2 sertifikat penghargaan. Satu sertifikat untuk Institusi STIKBA Jambi dan satu lainnya untuk Ketua STIKBA Jambi,” terang situs stikba.ac.id, Selasa (24/11).

Foto-foto wisuda di puncak gunung langsung viral di media sosial. Salah satu yang ikut meramaikannya adalah akun Instagram milik @mountnesia. Wisuda ini ternyata dilakukan pada Kamis 12 November 2020 dan melibatkan 224 mahasiswa.

Rombongan acara wisuda STIKBA Jambi. (Instagram/Mountnesia - Filius Chandra)
Rombongan acara wisuda STIKBA Jambi. (Instagram/Mountnesia - Filius Chandra)

Hanya satu wisuda yang melakukannya di puncak gunung, sementara 223 sisanya melakukannya di Gedung Abadi Convention Center, Jambi. Mahasiswa yang menjadi perwakilan rekan-rekannya adalah Andi Muhhammad Iqbal Mangkau. Sementara pembuka proses wisuda ini adalah Ketua STIKBA Dr Filius Candra, SE MM.

Memang sih, mahasiswa yang diwisuda hanya perwakilan. Tapi, tetap saja kan secara resmi acara ini memang dilakukan di puncak gunung. Ide yang cukup keren ya. Pasti bakal sangat berkesan nih bagi sang perwakilan dari mahasiswa. (Bri/IB09/E05)