Kini, Google Translate Image Bisa Terjemahkan Bahasa Jawa dan Sunda
Goolge Translate Image bisa terima bahasa Jawa dan Sunda. (Bussinesinsider)

Kini, Google Translate Image Bisa Terjemahkan Bahasa Jawa dan Sunda

Supaya mempermudah pengguna dan memperluas koneksi masyarakat, Google akhirnya menambahkan dua bahasa daerah yakni Jawa dan Sunda dalam fitur Google Translate Image. Seperti apa teknisnya?

Inibaru.id – Raksasa teknologi Google kembali memanjakan penggunanya dengan memperkaya kemampuan fitur Google Translate. Guna memberi koneksi lebih luas terhadap masyarakat dunia, Google kini menambahkan bahasa baru di antaranya bahasa Jawa dan Sunda.

Dengan pembaruan pada fitur kamera penerjemahnya, pengguna Google Translate sudah bisa menerjemahkan bahasa Jawa dan Sunda cukup dengan mengarahkan kamera ke gambar berisi tulisan dengan bahasa tersebut.

Cara penggunaannya cukup mudah, pengguna cukup mengunduh aplikasi Google Translate melalui AppStore maupun Google Play Store. Nah, bagi sobat Millens yang sudah memiliki aplikasinya, tinggal memperbaruinya saja.

Setelah aplikasi terunduh, buka aplikasi kemudian pilih bahasa yang akan kamu terjemahkan atau bisa juga ditentukan secara otomatis Goole Translate dengan fitur detect laguage setelah memasukkan gambar. Kemudian tekan tombol kamera yang tersedia pada bagian bawah kolom terjemah. Kemudian, keluarlah hasil terjemahannya.

Eits, meski pilihan bahasa Jawa dan Sudah sudah tersedia, hasil terjemahan Google masih belum cukup akurat. Pihak Google menginformasikan keakuratan terjemahan dapat dipengaruhi beberapa faktor di antaranya ukuran teks dan kondisi cahaya saat kamera mengambil gambar.

“Teks dengan ukuran kecil, kurangnya cahaya, serta teks dengan gaya tertentu dapat mengurangi keakuratan dalam menerjemahkan,” ungkap pihak Google.

Laman Kompas, Selasa (16/7/2019) menulis, selain menambahkan bahasa Jawa dan Sunda, Google juga merilis sejumlah bahasa dari negara dan daerah lainnya. Oh iya, penambahan bahasa ini juga hadir untuk perangkat dengan sistem operasi Android maupun iOS, lo

Wah, keren nih bahasa daerah mulai diperhitungkan Google. Hayo, kamu sudah coba belum Millens? (IB18/E04)