Android 9 "Pie" Resmi Dirilis

Android 9
Android 9 Pie menawarkan fitur baru yang sangat menarik. (Gadgetmatch.com)

Google akhirnya merilis Android 9 Pie yang sebelumnya disebut Android P. Namun, seri teranyar Android ini baru tersedia untuk smartphone Pixel keluaran Google.

Inibaru.id – Setelah diumumkan pada konferensi Google I/O 2018 yang diadakan Mei 2018 lalu, banyak orang yang menebak-nebak julukan resmi dari sistem operasi Android ke-9 atau Android P. Kini, rasa penasaran itu akhirnya terjawab sudah usai Google resmi merilisnya dengan nama Android Pie.

Android Pie sudah tersedia dalam versi official release mulai Selasa (7/8/2018). Namun, versi ini baru tersedia untuk seri smartphone Pixel keluaran Google melalui update over the air. Sementara itu, merek ponsel lainnya akan segera menyusul.

Selain Google, pabrikan ponsel Android lainnya yang ikut serta dalam program Android P Beta adalah Sony, Xiaomi, Nokia, Oppo, Vivo, OnePlus, dan juga Essential. Google menyebut para pabrikan ini akan segera mendapatkan update Android dalam waktu dekat, tepatnya pada kuartal ketiga 2018.

Dalam versi Android terbaru ini, kamu bisa menemukan fitur anyar seperti Dark Mode yang bisa mengubah tampilan UI menjadi gelap, Digital Wellbeing, notifikasi dengan gaya yang baru, status bar yang kosong di bagian tengah sehingga mampu mengakomodasi bagian Notch, serta navigasi berbasis gesture.

Kompas.com, Selasa (7/8/2018) menulis, sebagaimana tradisi penamaan sistem android terdahulu, Google tetap mempertahankan penggunaan nama salah satu jenis makanan sebagai julukannya. Yap, pie adalah sejenis makanan dengan isian rasa manis yang kerap disajikan sebagai hidangan penutup. Kendati identik dengan rasa manis, ada juga pie dengan versi asin yakni berisi daging.

Sebelum Android 9 Pie, Android versi ke-8 atau O diberi julukan “Oreo”. Sementara itu, Android ke-7 atau N diberi nama “Nougat”, Android versi ke-6 atau M diberi nama “Marshmallow”, dan Android 5 atau L diberi nama “Lollipop”. Semua penamaannya berasal dari nama makanan yang lezat dan menggoda.

Hayo, siapa nih yang nggak sabar menjajal Android Pie? (IB09/E04)