Girl Band Korut Bakal Manggung di Olimpiade Musim Dingin Korsel

Setelah puluhan tahun berseteru, hubungan Korsel-Korut mulai membaik. Hubungan itu kian syahdu setelah Korut dikabarkan bakal mendelegasikan Moranbong Band untuk manggung dalam Olimpiade Musim Dingin Korsel.

Girl Band Korut Bakal Manggung di Olimpiade Musim Dingin Korsel
Kelompok girl band Korea Utara Moranbong saat tampil di atas panggung. (Idntimes.com)

Inibaru.id – Hubungan Korea Utara (Korut) dengan Korea Selatan (Korsel), kian mesra saja nih, Millens. Sejak pemimpin Korut Kim Jong-un terlihat “melunak”, hubungan keduanya pun turut membaik. Yang terbaru, girl band Korut, Moranbong Band, dikabarkan bakal tampil di Olimpiade Musim Dingin di Korsel.

Dilansir dari New York Post yang ditulis Kompas.com, Minggu (14/1/2018), mereka dikabarkan bakal unjuk diri dalam pembukaan pergelaran yang bakal berlangsung di Pyeongchang, Februari mendatang.

Dugaan itu muncul setelah ketua Moranbong, Hyon Song Wol, disebut akan menjadi salah satu dari empat delegasi Korut dalam pertemuan lanjutan kedua negara yang berlangsung Senin (15/1) lalu. Ini tentu menjadi kabar baik bagi hubungan bilateral duo Negeri Gingseng.

Baca juga:
Lewat KILB, Bea Cukai Tertibkan Perbatasan Indonesia-Malaysia
Berlian Terbesar Kelima Dunia Ditemukan di Lesotho

Moranbong merupakan girl band bikinan Kim Jong Un pada 2012 lalu. Nggak cuma penyanyinya yang perempuan, para pemusik grup band beranggotakan 20 personel itu juga semuanya diisi perempuan. Dalam penampilannya, Moranbong biasa menyanyikan lagu bertema kecintaan terhadap Tanah Air dan pemimpin mereka.

Sebelumnya, Moranbong pernah tampil pada Juli 2017 lalu dalam sebuah panggung besar. Konser itu digelar untuk merayakan keberhasilan Korut meluncurkan misil balistik Hwasong-14.

Girl band Moranbong. (AFP/Ed Jones)

Menunggu

Kendati Korsel telah menyambut baik keinginan Korut, rencana tersebut masih harus menunggu hasil pertemuan Komite Olimpiade Internasional (IOC) di Swiss, 20 Januari mendatang. Pertemuan ini dilakukan karena sejatinya Korut terlambat dalam menyampaikan keikutsertaannya dalam Olimpiade Musim Dingin yang telah ditutup sejak 31 Oktober 2017 lalu.

Baca juga:
Asyiknya Bergoyang Poco-Poco di Wina
Dolores “The Cranberries” Tutup Usia

Jika Korut bisa mengikuti Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, ini tentu bakal jadi momen kembalinya Korut sejak 1992. Kim Jong-un berencana mengirimkan wakil untuk cabang olahraga (cabor) figure skating berpasangan, seluncur es putra, dan hoki es putri. (PL/GIL)