Gerhana Matahari Cincin Terjadi Akhir Desember, Cek Tempat Terbaik Untuk Menyaksikannya!

Gerhana Matahari Cincin Terjadi Akhir Desember, Cek Tempat Terbaik Untuk Menyaksikannya!
Gerhana matahari cincin. (Derekscope)

Gerhana matahari cincin akan menjadi peristiwa alam yang menutup minggu terakhir 2019. BMKG, lewat akun resminya di Twitter, mengumumkan peristiwa ini akan terjadi pada 26 Desember. Bisa dilihat dari wilayah mana saja?

Inibaru.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun Twitter resminya mengumumkan fenomena Gerhana matahari cincin akan terjadi pada 26 Desember mendatang.

Dalam cuitannya yang diunggah pada Rabu, (11/12/19), BMKG menjelaskan bahwa fenomena ini terjadi karena dinamisnya pergerakan matahari, bumi, dan bulan memasuki fase bulan baru.

Gerhana matahari adalah peristiwa ketika matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis. Pada puncaknya, matahari akan tertutup bulan dan bagian pinggirnya yang nggak tertutup akan membentuk cincin karena cahayanya nggak semuanya sampai ke bumi.

Berdasarkan penenelitian LAPAN, beberapa provinsi yaitu Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur bakal menjadi wilayah yang dilintasi fenomena ini. Semantara menurut perhitungan LAPAN, tempat terbaik untuk menyaksikan gerhana matahari cincin ini adalah di kamoung Bunsur, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Jangan khawatir, gerhana matahari sebagian juga bisa disaksikan di seluruh wilayah di Indonesia kok. Gerhana sebagian bakal terjadi pada pukul 10.22 WIB dan berakhir pukul 14.13 WIB. Sementara waktu  terbaik untuk menyaksikan gerhana matahari cincin adalah pukul 12.15-12.19.

Melansiri Tirto, Rabu, (11/12) selain Indonesia, gerhana matahari juga akan melintasi sejumlah negara yakni Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, India, Oman, Sri Lanka, Malaysia, Singapura, dan Samudra Pasifik.

Pasang pengingat agar kamu nggfak ketinggalan fenomena langka ini ya, Millens! (IB15/E06)