Gerhana Matahari Cincin pada 10 Juni 2021, Terlihat di Indonesia?

Gerhana Matahari Cincin pada 10 Juni 2021, Terlihat di Indonesia?
Ilustrasi: Gerhana matahari cincin. (Flickr/ Takeshi Kuboki)

Pada 10 Juni 2021 nanti, bakal ada fenomena gerhana matahari cincin yang sangat indah. Nah, kira-kira, apakah fenomena ini juga bakal terlihat di Indonesia sebagaimana gerhana bulan pada 26 Mei 2021 lalu?

Inibaru.id – Usai menikmati fenomena gerhana bulan merah (blood moon) pada 26 Mei 2021 lalu, bakal ada fenomena langit lain yang nggak kalah keren, yakni gerhana matahari cincin pada 10 Juni 2021. Nah, apakah fenomena ini juga bakal bisa dinikmati masyarakat Indonesia?

Kalau menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), pada 10 Juni 2021 nanti, nggak hanya gerhana matahari cincin yang bakal terjadi, namun juga fase bulan baru. Sayangnya, fenomena gerhana matahari cincin ini hanya bisa dilihat dari kawasan Siberia di Rusia. Ketampakan maksimumnya bakal berlangsung pada 17.43 WIB.

Wilayah Siberia sangatlah luas karena panjangnya hampir sebagian dari panjang timur ke barat wilayah Asia. Jadi, wajar jika hanya di kawasan tersebutlah bakal berlangsung gerhana matahari cincin. Nah, kalau gerhana matahari sebagian, bakal bisa dinikmati oleh orang-orang yang tinggal di bagian barat Rusia, negara-negara Asia Tengah, Tiongkok bagian barat, sebagian wilayah Eropa, Islandia, serta Greenland.

Kalau menurut keterangan Peneliti Pussainsa LAPAN Andi Pangerang, lokasi Indonesia yang sangat jauh di selatan jika dibandingkan dengan Siberia membuat kita nggak bakal bisa menikmati fenomena pada 10 Juni nanti. Bahkan, gerhana matahari sebagian pun nggak.

 “Matahari akan terlihat sebagaimana biasanya,” terang Andi pada Jumat (4/6/2021).

Gerhana matahari cincin 10 Juni 2021 hanya bisa disaksikan di Siberia, Rusia. (Flickr/

Steve Byrne)
Gerhana matahari cincin 10 Juni 2021 hanya bisa disaksikan di Siberia, Rusia. (Flickr/ Steve Byrne)

Tahun ini, Indonesia nggak bakal menikmati fenomena gerhana matahari sama sekali. Nah, diperkirakan, fenomena gerhana matahari cincin seperti ini baru bisa kita lihat pada 2 Agustus 2027 serta 22 Juli 2028.

Kali Terakhir Gerhana Matahari Mampir di Indonesia

Beda dengan fenomena gerhana bulan yang lumayan sering, fenomena gerhana matahari cenderung jarang terjadi di Indonesia. Kali terakhir fenomena ini terjadi di Indonesia adalah pada 9 Maret 2016 lalu. Sayangnya, di sejumlah daerah, kondisi langit cukup berawan sehingga membuat banyak orang yang ingin berburu foto kecewa.

Sebelumnya, gerhana matahari total juga berlangsung pada 24 Oktober 1995 dan 11 Juni 1983. Nah, di masa-masa itu, banyak orang yang sampai ketakutan gara-gara fenomena ini. Hal ini disebabkan oleh pengetahuan masyarakat yang belum banyak terkait dengan fenomena gerhana matahari.

Karena adanya imbauan dari pemerintah untuk nggak langsung melihat ke arah gerhana matahari jika nggak ingin mengalami kebutaan, banyak orang yang akhirnya nggak keluar rumah. Jalanan pun pun akhirnya jadi lengang karena masyarakat memilih untuk menutup pintu dan jendelanya.

Kini, telah banyak teknologi dan cara untuk bisa menyaksikan gerhana matahari. Sebagai contoh, ada kacamata anti radiasi, kamera, dan lain-lain. Intinya sih, kita nggak perlu lagi ketakutan sampai nggak keluar rumah.

Sayang sekali ya Millens, gerhana matahari cincin pada 10 Juni 2021 nanti nggak bisa dinikmati di Indonesia. (Det,Kom/IB09/E05)