Gerhana Bulan Diapit 2 Planet Akan Terjadi Dini Hari Nanti, Catat Waktunya!

Setelah gerhana matahari total yang terjadi dua minggu lalu, dini hari nanti langit akan diwarnai gerhana bulan yang diapit dua planet, Jupiter dan Saturnus. Kapan waktu yang tepat untuk menyaksikannya?

Gerhana Bulan Diapit 2 Planet Akan Terjadi Dini Hari Nanti, Catat Waktunya!
Gerhana bulan akan terjadi pada Rabu dini hari nanti. (minanews.net)

Inibaru.id - Buatmu yang kecewa karena nggak bisa menyaksikan langsung gerhana matahari beberapa waktu lalu, dini hari nanti (Rabu, 17/7) langit akan diwarnai fenomena gerhana bulan sebagian. Gerhana ini merupakan gerhana bulan terakhir hingga 2021 nanti.

Gerhana bulan merupakan peristiwa terhalanginya penampakan bulan oleh bayangan bumi sehingga cahaya matahari nggak sampai ke bulan. Hal ini bisa terjadi jika ketiganya berada pada satu garis lurus.

Gerhana bulan sebagian ini bisa disaksikan mulai pukul 03.01 WIB dan akan berlangsung selama 2 jam 58 menit merujuk laman resmi BMKG. Nggak cuma itu, akan ada dua planet yang menemani gerhana bulan sebagian dini hari nanti. Planet Jupiter dan Saturnus akan terlihat seakan mengapit bulan, lo.

Fenomena ini bisa disaksikan dari Amerika Selatan, Eropa, Afrika dan Australia. Untuk negara di Asia Tenggara seperti Indonesia, durasinya akan berbeda dan nampak tak sempurna. Hal ini disebabkan lantaran saat bulan akan tenggelam diikuti dengan matahari yang mulai terbit.

Peristiwa gerhana bulan ini terjadi tepat dua minggu setelah gerhana matahari total yang terlihat di Amerika Selatan. Fenomena ini mengikuti pola astronomi khas gerhana bulan yang terjadi dua minggu setelah gerhana matahari.

Jangan sampai ketinggalan ya, Millens! (IB27/E05)