Gerakan Jumat Bersih Jadi Cara Bandara Ahmad Yani Semarang Tangkal Persebaran Corona

Gerakan Jumat Bersih Jadi Cara Bandara Ahmad Yani Semarang Tangkal Persebaran Corona
Petugas melakukan penyemprotan di troli-troli bandara Ahmad Yani Semarang. (Inibaru.id/ Issahani)

Bandara Ahmad Yani Semarang memberlakukan Gerakan Jumat Bersih, yaitu kegitan bersih-bersih untuk menangkal persebaran virus corona. Seluruh ruangan di dalam bandara disemprot menggunakan cairan khusus

Inibaru.id - Pandemik penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona Covid 19 membuatPT Angkasa Pura I, Bandara Ahmad Yani Semarang melakukan antisipasi dengan cara melakukan gerakan Jumat Bersih. Gerakan yang dilaksanakan pada Jumat (13/3) ini adalah kegiatan bersih-bersih dan melakukan penyemprotan di seluruh ruangan.

Cairan yang disemprotkan adalah cairan natrium hidrolit. Cairan ini disemprotkan ke semua kursi di ruang kedatangan domestik maupun internasional, ke troli penumpang, pintu kaca, mesin ATM, dan ruang lainnya.

Petugas melakukan penyemprotan di Kedatangan domestik Bandara Ahmad Yani Semarang. (Inibaru.id/ Issahani)<br>
Petugas melakukan penyemprotan di Kedatangan domestik Bandara Ahmad Yani Semarang. (Inibaru.id/ Issahani)

General Manager Bandara Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto mengatakan kegiatan bersh-bersih ini bertajuk “Clean Airport from Covid 19”. Ke depan, agenda ini akan dilakukan secara rutin tiap pekan.

“Bandara sebagai pintu gerbang, maka kami berupaya memberikan rasa aman supaya terbebas dari corona. Petugas yang melakukan penyemprotan adalah gabungan dari TNI, Polri serta instansi terkait lainnya. Juga ada kami undang komunitas bandara,” ujar Hardi.

Petugas dibagi menjadi empat tim terdiri atas TNI, Polri, Air Nav, Lantamal, dan seluruh Airlines. Mereka disebar ke semua sektor ruang bandara juga terminal Kargo.

Sejak berita mengenai virus corona, standar kebersihan di Bandara Ahmad Yani Semarang ditingkatkan. Petugas diwajbkan mengenakan masker. (Inibaru.id/ Isahani)
Sejak berita mengenai virus corona, standar kebersihan di Bandara Ahmad Yani Semarang ditingkatkan. Petugas diwajbkan mengenakan masker. (Inibaru.id/ Isahani)

Pihak bandara juga menyediakan tempat cuci tangan untuk penumpang di seluruh ruangan. Selain itu, Hardi menyebutkan untuk mencegah penyebaran virus corona pihaknya juga melakukan upaya-upaya lain seperti penyediaan hand sanitizer yang tersebar di 21 titik dan pengecekan suhu tubuh dengan alat thermal bagi penumpang internasional dan domestik, baik keberangkatan maupun kedatangan. Standar kebersihan di area gerai, kantor, gudang ditingkatkan dan pegawai pegawai bandara harus harus mengikuti pengecekan kesehatan secara rutin. (Issahani/E05)