Genius, Warganet Ini Uraikan Fenomena Salat Pada Bidang Miring dengan Rumus Fisika dan Matematika

Genius, Warganet Ini Uraikan Fenomena Salat Pada Bidang Miring dengan Rumus Fisika dan Matematika
Fungsi rumus fisika dalam kehidupan sehari-hari. (Twitter/hujanpunstop)

Dengan menggunakan rumus matematika dan fisika, para warganet di Twitter ini menguraikan sebuah gambar seorang siswa yang tengah salat pada bidang miring secara ilmiah.

Inibaru.id – Fisika dan matematika merupakan dua pelajaran yang sering dihindari oleh banyak orang karena dianggap sulit. Terkadang pula ada yang menganggap dua pelajaran ini dianggap nggak relate sama kehidupan sehari-hari.

Eits, ternyata fisika dan matematika bisa jadi obrolan menarik juga lo. Warganet dengan akun Twitter @akbarfarraz pada 4 Februari 2020 pukul 12.00 WIB lalu membuat sebuah postingan gambar seorang siswa tengah salat di atas bidang miring. Postingan tersebut diberi caption:

“Enggan melawan hukum Allah, pria ini berani melawan hukum Newton,” cuitnya.

Postingan tersebut kemudian menjadi viral, setidaknya hingga berita ini ditulis, Jumat (7/2), ada lebih dari 70.4 ribu retweets dan lebih dari 76.4 likes. Banyak warganet lain yang mengomentarinya dengan penjelasan-penjelasan ilmiah.

Seperti akun @MethodologistID yang membalas cuitan tersebut sekaligus menjelaskan dengan ilmu fisika, “Adik ini gak sedang melawan hukum Newton, kok. Justru melalui hukum Newton lah kita bisa paham gaya-gaya apa saja yg bekerja pada bidang miring yang sedang dibebani oleh si adik. Kalo gaya-gaya yg bekerja akibat si adik yg sholat di bidang miring kita uraikan, hasilnya begini:”

Warganet jelaskan fenomena siswa salat di atas bidang miring dengan rumus fisika dan matematika. (Twitter/MethodologistID)<br>
Warganet jelaskan fenomena siswa salat di atas bidang miring dengan rumus fisika dan matematika. (Twitter/MethodologistID)

Menggunakan perpaduan rumus gaya, sinus, cosinus, dan kemiringan sudut akun @MethodologistID menambahkan, “Catatan: Gambar di atas belum lengkap karena gaya geseknya belum diuraikan.”

Postingan yang sudah mendapatkan 15 ribu likes dan ratusan komentar tersebut jadi semakin ramai ketika warganet mengomentarinya dengan penjelasan sains.

“Mungkin kata yg paling tepat memang bukan melawan hukum newton, tapi mengingkari kebenaran hukum newton, bang.”  Tulis @nurilpmr.

“Kurang gaya gesek statisnya. Karena benda diam, berarti sigma gaya yang bekerja = 0. Trus itu harusnya yang berlawanan dgn gaya normal  Fy. Bukan Fx lagi” Cuit @mrayhanyovi.

“Ga semulus itu ferguso masih ada gaya tekan dari si adik yang membuat gaya gesek statik maksimum lebih besar sehingga si adik tidak tergelinding kebawah” Dari @FerdianYudha8.

Ada pula yang merasa nggak sanggup menjelaskan hal tersebut dan mengomentarinya dengan balasan-balasan yang menggelitik.

“gue sekolah 12 tahun kagak ngerti gini-ginian.” @sekadarberujar.

“Anak ips ken not rilet” @pramudit_

“Pantes gua sm temen gua pernah dilempar penghapus sama guru fisika, ternyata segoblok ini gua” @x1oneit.

“Andai dulu guru fisika gue jelaskan ini fungsinya belajar fisika dalam kehidupan nyata.” @hscyhn.

Ada-ada saja ya, Millens! Eh, gimana nih menurutmu? Setuju nggak dengan hitung-hitungan warganet terkait siswa yang salat di bidang miring ini? (MG26/E06)