Generasi Milenial Dianggap Paling Kesepian, Kenapa?

Meski media untuk bersosialisasi sudah banyak macamnya, generasi milenial justru dicap sebagai generasi paling kesepian. Kenapa?

Generasi Milenial Dianggap Paling Kesepian, Kenapa?
Ilustrasi kesepian. (iStock)

Inibaru.id – Generasi milenial disebut sebagai generasi paling kesepian dibanding dengan generasi-generasi sebelumnya. Fakta ini disebutkan dalam survei terbaru yang dilakukan perusahaan riset pasar dan analitik data internasional berbasis internet Inggris bernama YouGov.

Dalam survei tersebut, didapati 30 persen orang yang lahir pada 1980-2000 selalu merasa kesepian, 30 persen nggak memiliki sahabat, serta 27 persen nggak memiliki teman untuk berbagi cerita. Dari jumlah itu, dapat disimpulkan 1 dari 5 anak milenial mengatakan mereka nggak memiliki teman untuk bertukar cerita tentang kehidupan.

Media sosial adalah faktor utama yang mengakibatkan generasi milenial merasa kesepian. Perilaku ketergantungan memegang gawai hingga gangguan phubbing mengakibatkan interaksi sosial mereka dengan lingkungan sekitar berkurang. Sebagai informasi, phubbing adalah tindakan acuh tak acuh seseorang dalam sebuah lingkungan karena lebih fokus ke gawai daripada membangun sebuah komunikasi langsung.

Media sosial memang memudahkan seseorang untuk mencari kenalan dan teman. Sayang nggak semua orang bisa berkesempatan bertemu di dunia nyata. Padahal, cara efektif untuk menghilangkan rasa kesepian adalah memiliki teman yang "nyata", bersosialisasi secara tatap muka, berbagi tawa dengan alami, dan berekspresi secara langsung dengan teman.

Pada 2018, studi serupa yang dilakukan University of Pennsylvania juga mendapatkan hasil yang sama. Para peneliti menemukan adanya hubungan antara tingkat kebahagiaan yang rendah di antara orang-orang berusia antara 23 hingga 38 tahun dengan waktu yang dihabiskan di media sosial.

Kendati demikian, survei tersebut baru dilakukan kepada sebagian orang yang artinya nggak semua orang dari generasi milenial benar-benar kesepian. Biar nggak merasa kesepian, ada saran nih buatmu, Millens. Cara yang bisa kamu tempuh yakni mencari tahu apa yang membuatmu bahagia. Mengambil langkah nyata untuk membuat ikatan pertemanan juga bisa jadi salah satu solusi, kok. So, jangan mengurung diri dalam kesendirian ya biar nggak merasa kesepian. (IB07/E04)