Gempa Majene Bikin Bangunan Roboh, Warga Berlarian Panik

Gempa Majene Bikin Bangunan Roboh, Warga Berlarian Panik
Kantor Gubernur Sulbar yang ambruk karena gempa. (Istimewa)

Gempa 6,2 M terjadi di Majene, Sulawesi Barat. Sejumlah bangunan dilaporkan roboh sehingga membuat warga panik dan berlarian menyelamatkan diri. Seperti apa kondisi terkini di sana?

Inibaru.id - Gempa bumi dengan kekuatan 6,2 M terjadi di Majene, Sulawesi Barat. Gempa tersebut membuat panik warga. Sejumlah bangunan bahkan dilaporkan roboh.

Gempa terjadi pada Jumat dini hari (15/1/2021) pukul 1.28 WIB. Saat itu, sebagian besar warga masih lelap dalam tidur. Bedasarkan foto yang beredar di media sosial, gempa membuat gedung utama kantor Gubernur Sulbar, hotel-hotel, dan bangunan lain mengalami kerusakan cukup parah.

Gempa yang berpusat di Kecamatan Malunda, Majene ini bahkan membuat dua tebing di jalan Trans Sulawesi longsor. Bongkahan batu-batu berukuran raksasa pun sempat menutup akses jalan.

Pasca-gempa, warga Mamuju langsung mengungsi ke daerah yang lebih tinggi. Nggak hanya khawatir akan terjadi gempa susulan, mereka khawatir akan terjadi tsunami mengingat kekuatan gempa cukup besar.

"Sementara kita mengungsi, cari tempat aman di ketinggian," kata salah seorang warga yang mengungsi, Sulaeman.

Kerusakan di berbagai fasilitas umum Mamuju. (Istimewa)<br>
Kerusakan di berbagai fasilitas umum Mamuju. (Istimewa)

Pernyataan yang sama juga diungkap oleh Imran. Dia juga sempat melihat kerusakan pada sejumlah fasilitas umum di Mamuju akibat gempa.

"Rumah Sakit Mifta Manakarra hancur, banyak gedung lain yang rusak" ungkapnya.

Bahkan saking nggak tahu harus ke mana lagi mencari perlindungan, Imran memilih untuk bertahan di dalam mobil.

"Saya di dalam mobil saja, tidak tau mau kemana," pungkasnya singkat.

Dalam sebuah video yang viral di media sosial, terlihat sejumlah warga berupaya mengevakuasi gadis cilik yang terjebak reruntuhan. Pria dalam video tersebut menyebut peristiwa itu terjadi di Jalan KS Tubun 3, Kelurahan Rimuku, Mamuju.

Saat dikonfirmasi tentang video tersebut, pemilik akun facebook bernama Muhammad Syawal (boss kecil) menyebut peristiwa itu terjadi di Rumah Sakit Mifta Manakarra Mamuju. Menurutnya, ada sedikitnya enam korban yang tertimpa reruntuhan.

Wah, sepertinya kerusakan yang disebabkan gempa di Majene cukup besar, Millens. Mari kita bantu saudara-saudara kita di sana yang sedang membutuhkan. (Det/IB28/E07)