Kupang Diguncang Gempa Dua Kali Berturut-turut

Sehari setelah diguncang gempa bumi berkekuatan 4,6 SR, Kupang, NTT kembali diguncang gempa sebanyak dua kali. Kendati mengguncang sebanyak dua kali, BMKG memastikan gempa bumi tersebut nggak berpotensi tsunami.

Kupang Diguncang Gempa Dua Kali Berturut-turut
Ilustrasi gempa. (Israelnationalnews.com)

Inibaru.id – Setelah mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, kali ini gempa bumi mengguncang Kupang, Nusa Tenggara Timur pada Selasa, (28/8/2018) sore. Melalui akun Twitter resminya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan Kupang diguncang gempa dua kali berturut-turut.

Guncangan pertama berkekuatan 6,2 SR terjadi pada pukul 14.08 WIB atau 15.08 WITA. Titik koordinat gempa pertama terletak di 106 km arah tenggara Kupang dengan kedalaman 10 km.

Hanya berselang lima menit, guncangan kedua kembali terasa. Kali ini gempa berkekuatan 5,8 SR berpusat di 105 km arah tenggara Kupang dengan kedalaman 10 km. Kendati kekuatan gempa cukup besar, kedua gempa tersebut dinyatakan tidak berpotensi tsunami.

Sehari sebelumnya, ibu kota NTT ini juga sempat diguncang gempa berkekuatan 4,6 SR. Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru Kupang Robert Owen Wahyu mengatakan gempa tersebut terjadi akibat aktivitas sesar lokal, seperti ditulis Tribunnews.com, Senin, (27/8).

“Jadi kami imbau masyarakat tetap tenang dan terus mengikuti arahan dari BMKG dan BPBD. Khususnya, masyarakat yang berada di daerah pesisir Kota Kupang supaya tidak terpancing isu karena gempa bumi tidak berpotensi menimbulkan tsunami,” jelas Robert.

Hingga kini, belum ada laporan resmi terkait korban jiwa dan kerusakan yang ditimbulkan akibat dua gempa tersebut. Semoga saudara-saudara di Kupang selalu diberi keselamatan ya, Millens. (IB15/E04)