Gempa Bumi 5,8 SR Guncang Gunungkidul, Yogyakarta

Gempa Bumi 5,8 SR Guncang Gunungkidul, Yogyakarta
Gempa mengguncang Gunungkidul, Yogyakarta pada Rabu (29/8/2018) pukul 01.36 WIB. (BMKG)

Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta diguncang gempa pada Rabu (29/8/2018) dini hari. Gempa itu juga dirasakan di Yogyakarta, Magelang, Banjarnegara, hingga Trenggalek.

Inibaru.id – Warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan pesisir selatan Jawa Tengah dikejutkan dengan gempa bumi tektonik pada Rabu dini hari (29/8/2018) pukul 01.36.36 WIB. Gempa berkekuatan 5,8 SR itu diketahui berpusat di Samudera Hindia, selatan Pulau Jawa.

Dilansir dari akun Facebook resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menyebut titik episenter gempa bumi berada di koordinat 8,93 LS dan 110,22 BT, tepatnya di tengah laut dengan jarak 114 km selatan Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Gempa tersebut berpusat di kedalaman sekitar 62 km.

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, BMKG menyebut gempa ini berkedalaman dangkal. Aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup di bagian bawah lempeng Eurasia diduga kuat sebagai penyebab terjadinya gempa.

Shakemap BMKG dan laporan masyarakat, termasuk di berbagai media sosial menyebut guncangan gempa dirasakan di daerah Yogyakarta yakni Gunungkidul, Bantul, Kota Yogyakarta; Jawa Tengah yakni Karanganyar, Purworejo, Wonogiri, Magelang, Banjarnegara; hingga Trenggalek, Jawa Timur.

Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang diakibatkan gempa tersebut. BMKG juga memastikan gempa itu tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 02.00 WIB, BMKG menyebut belum ada aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat pun diminta untuk tetap tenang dan tidak mudah percaya dengan adanya isu-isu yang menyebut akan ada gempa bumi dengan kekuatan yang lebih besar karena tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Semoga tidak ada kerusakan yang berarti yang ditimbulkan gempa ini ya, Millens. Masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya juga lebih baik tenang dan tetap waspada. (IB09/E04)