Gelombang Tinggi Masih Menerjang Pantai Selatan Jawa

Gelombang Tinggi Masih Menerjang Pantai Selatan Jawa
Gelombang tinggi di pantai selatan Jawa. (Wartanasional)

Peringatan gelombang tinggi di Pantai Selatan Jawa Tengah dan DIY kembali diperpanjang hingga 30 Juni 2019. Para pelaut hingga wisatawan diimbau untuk lebih waspada.

Inibaru.id – Gelombang tinggi masih akan menerjang Pantai Selatan Pulau Jawa, tepatnya yang ada di wilayah Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Tinggi gelombang kali ini diperkirakan bisa mencapai 4 hingga 6 meter.

Melalui akun Instagram resminya, @bmkgjateng, Badan Meteorologi, Klilatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah menyebut gelombang tinggi berpeluang terjadi di perairan serta samudra di selatan wilayah Kabupaten Cilacap, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Purworejo, dan di selatan wilayah Provinsi DI Yogyakarta. Peringatan gelombang tinggi dikeluarkan dari 27 Juni 2019 pukul 07.00 WIB hingga 30 Juni 2019 pukul 07.00 WIB.

Gelombang tinggi ini terjadi akibat adanya pola sirkulasi angin di Samudra Hindia, tepatnya di bagian barat Kepulauan Mentawai, Sumatera Berat. Selain itu, ada pusat tekanan rendah 1008 hPa yang berlokasi di Samudera Pasifik, tepatnya di utara Papua.

Kecepatan angin tertinggi terpantau ada di perairan barat Lampung dan bagian selatan Selat Sunda. Kondisi ini juga terjadi di perairan selatan Provinsi Banten hingga Jawa Barat, di Selat Karimata, dan Laut Arafuru.

BMKG pun memberikan peringatan bagi masyarakat yang akan melakukan pelayaran karena adanya risiko tinggi bagi keselamatan. Sebagai contoh, pelayaran dengan perahu nelayan mendapatkan peringatan karena kecepatan angin melebihi 15 knot dengan gelombang melebihi 1,25 meter.

Kapal tongkang juga diimbau lebih berhati-hati karena kecepatan angin melebihi 16 knot dengan gelombang melebihi 1,5 meter. Pengguna kapal ferry pun diperingatkan untuk lebih waspada karena kecepatan angin melebihi 21 knot dengan tinggi gelombang melebihi 2,5 meter dan kapal berukuran besar layaknya kapal kargo atau kapal pesiar karena kecepatan angin melebihi 27 knot dan gelombang melebihi 4 meter.

Jika Millens mau pergi berlibur ke pantai selatan Jawa, sebaiknya berhati-hati ya. Jangan sembarangan berenang karena ada kemungkinan gelombang tinggi. (IB09/E04)