Piala Asia 2019: Gelar Pertama Qatar

Piala Asia 2019: Gelar Pertama Qatar
Pemain Qatar merayakan kemenangannya di Piala Asia 2019 (Getty Images/Foxsportsasia)

Qatar meraih gelar Piala Asia pertamanya setelah membungkam Jepang dengan skor 3-1. Gelar mereka juga dilengkapi dengan status pencetak gol terbanyak yang disabet Almoez Ali.

Inibaru.id – Secara mengejutkan Qatar mengalahkan Jepang di babak Final Piala Asia 2019 dengan skor 3-1. Kemenangan ini membuat Qatar merengkuh gelar pertamanya di ajang sepak bola antarnegara paling prestisius di Benua Asia. Para pemain muda Qatar sukses menumbangkan para pemain Jepang yang lebih berpengalaman.

Detik.com, Sabtu (2/2/2019) menulis, laga yang berlangsung di Zayed Sports City Stadium, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada Jumat (1/2) malam berlangsung seru. Baru 12 menit berjalan, Qatar sudah membuka skor lewat Almoez Ali. Gol ini adalah yang kesembilan di sepanjang turnamen sekaligus membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak.

Gol kembali datang pada menit ke-27. Bukannya menyamakan kedudukan, Jepang justru kembali kebobolan lewat sepakan indah Abdulaziz Hatem yang nggak bisa diantisipasi kiper Jepang Shuichi Gonda.

Unggul dua gol membuat pemain Qatar semakin percaya diri. Mereka pun terus menguasai pertandingan dan berusaha menambah keunggulan di babak pertama. Sayang, tendangan Hasan Al Haydos hanya membentur tiang gawang.

Jepang berusaha untuk tampil lebih menyerang di babak kedua. Namun, pertahanan Qatar yang solid cukup sulit ditembus. Kendati begitu, Jepang akhirnya bisa mencetak gol melalui Takumi Minamino saat menit ke-69.

Sayang, asa Jepang untuk menyamakan kedudukan sirna pada menit ke-82. Handball bek tengah yang bermain di klub Liga Primer Inggris, Southampton, Maya Yoshida membuat Jepang dihukum tendangan penalti. Keputusan hukuman ini nggak berubah meski wasit Ravshan Irmatov mengeceknya melalui teknologi VAR. Akram Afif pun secara sempurna menutup pertandingan dengan skor 3-1.

Selain menggondol piala juara, secara luar biasa Qatar nggak menelan satu kekalahan pun sepanjang turnamen Piala Asia 2019 ini. Sementara itu, Jepang juga hanya kalah satu kali. Sayang, kekalahan ini terjadi di babak final. Skuad Negeri Matahari Terbit pun gagal mendapatkan gelar Piala Asia kelimanya.

Selamat untuk skuad Qatar! Wah, bisa-bisa Piala Dunia 2022 nanti, Qatar bakal berbicara banyak nih, Millens, apalagi mereka tuan rumah. Bagaimana menurutmu? (IB09/E04)