Gejala Dini Covid-19 yang Nggak Banyak Diketahui Orang

Gejala Dini Covid-19 yang Nggak Banyak Diketahui Orang
Ilustrasi: Kenali sejak dini gejala Covid-19. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Banyak orang mungkin tanpa sadar telah tertular Covid-19 karena respons tubuh tiap orang berbeda-beda. Namun, ada kalanya kamu harus memahami secara benar demi pencegahan awal.

Inibaru.id - Banyak yang belum menyadari gejala dini penularan Covid-19. Respons tubuh tiap orang terhadap virus ini memang berbeda-beda. Bahkan, ada yang nggak sadar sampai akhirnya sakit parah atau, kalau beruntung, justru sudah sembuh dengan sendirinya.

"Kami semua menyadari gejala utama virus corona adalah demam tinggi dan batuk kering. Tapi, sebanyak 80 persen pasien Covid-19 memiliki gejala ringan atau tidak memiliknya sama sekali," kata Dr Dominic Pimenta dikutip dari Daily Star.

Saat gejala virus corona benar-benar bereaksi, demam tinggi dan batuk kering hanya muncul pada 50 dan 60 persen pasien.

Yang bikin khawatir, kamu bisa tertular Covid-19 lebih dari sekali. Jadi, kamu bisa jatuh sakit lagi karena virus corona, baik setelah diagnosis resmi atau hanya praduga karena mengalami gejala ringan.

Jadi apa saja sih gejala penularan Covid-19 yang nggak kita sadari?

Kelesuan

Kelesuan bisa jadi adalah gejala awal. Lebih dari 60 persen orang yang terinfeksi virus corona mengaku mengalami gejala tersebut. Jadi, selain merasa lesu selama seminggu atau lebih, kamu juga memiliki kecenderungan nggak bisa mengingat apa pun selama periode itu.

Ilustrasi: Banyak orang yang nggak paham gejala awal Covid-19. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)<br>
Ilustrasi: Banyak orang yang nggak paham gejala awal Covid-19. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Sakit tenggorokan

Lebih dari setengah atau 52 persen pasien Covid-19 mengalami kondisi ini sebagai gejala awalnya. Jadi, suara akan terdengar sedikit parau ketika kelelahan atau terkena flu biasa. Perlu diketahui kalau suara parau bisa jadi juga gejala awal dari Covid-19.

Kehilangan Indra Penciuman dan Perasa

Jika kamu merasakan hilangnya indra penciuman dan perasa secara mendadak, ini bisa menjadi salah satu tanda infeksi virus corona. Maka kamu harus menjalani Tes Covid-19 dan isolasi ketat ketika mengalami kondisi ini.

Sakit kepala

Sakit kepala mungkin adalah sakit yang umum. Namun, ada kemungkinan juga ini merupakan awal dari Covid-19. Sebanyak 70 persen pasien Covid-19 mengaku mengalami sakit kepala.

Masalah Gastroenteritis

Di luar gejala-gejala yang pernah disiarkan seperti batuk, sesak napas, atau suhu tinggi, ada juga gejala lain yang memungkinkan penularan Covid-19, yakni diare dan muntah. Namun, hanya 4 persen pasien yang mengalami seperti ini.

Nah jadi itulah gejala awal Covid-19, Millens. Selalu waspada ya? (IB28/E03)