Geger Jenazah Lambaikan Tangan Dari Dalam Peti, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Geger Jenazah Lambaikan Tangan Dari Dalam Peti, Ini Penjelasan Ilmiahnya
Heboh jenazah di Manadp lambaikan tangan. (shutterstock)

Belakangan ini, warganet dihebohkan dengan dengan video yang menunjukkan jenazah terlihat melambaikan tangan dari dalam peti. Kebanyakan warganet mengaitkan hal tersebut dengan hal mistis. Padahal, ada penjelasan ilmiah terkait dengan hal ini, lo.

Inibaru.id – Semenjak Sabtu (9/5/2020), media sosial digemparkan dengan video yang menunjukkan tangan jenazah di dalam peti yang akan segera dikubur terlihat melambai. Proses ini terjadi hanya beberapa detik usai pembacaan doa dilakukan. Hal ini bahkan membuat asumsi bahwa jenazah di dalam peti belum meninggal muncul.

Banyak warganet yang mengaku merinding bulu kuduknya saat melihat hal ini. Apalagi lambaian tangan bisa dilihat dari semacam jendela dari kaca bening sangat terlihat dengan jelas.

Ternyata, video ini direkam di Indonesia, tepatnya di Manado, Sulawesi Utara. Proses pemakaman ini berlangsung pada Selasa (5/5). Hebohnya video ini bahkan sampai membuat media-media asing mengulasnya. Salah satunya adalah media dari Inggris, Mirror Online.

Jenazah tangan terlihat bergerak dari kaca peti mati yang akan segera dikuburkan di Manado (haluan)
Jenazah tangan terlihat bergerak dari kaca peti mati yang akan segera dikuburkan di Manado (haluan)

Selain dikaitkan dengan hal mistis, ada yang menganggap video ini adalah rekayasa. Hanya, situs berita Mirror Online yakin jika video ini memang benar-benar nyata. Proses melambainya tangan jenazah juga benar-benar terjadi. Hanya, hal ini lebih terkait dengan proses pembusukan alami, bukannya karena hal-hal mistis atau jenazah yang masih hidup.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan tahun 2019, disebutkan bahwa tubuh jenazah memang bisa bergerak sendiri. Pemicunya adalah proses pembusukan yang terjadi di dalam tubuh, tepatnya karena pelepasan penumpukan gas. Gerakan ini juga bisa berupa lambaian tangan yang sangat jelas.

Penelitian dilakukan oleh para ahli dari Australian Facility for Taphonomic Experimental Research (AFTER). Mereka mengaku mempelajari berbagai gerakan-gerakan aneh yang dikeluarkan oleh mayat orang yang sudah meninggal. Caranya, mereka memasang kamera dengan mode timelapse atau selang waktu selama 30 menit.

Hasilnya adalah, kamera mampu menangkap gerakan-gerakan yang terjadi pada tangan mayat. Gerakan ini bisa cukup mengejutkan seakan-akan mayat ini masih hidup.

"Apa yang kami temukan adalah bahwa lengan-lengan itu bergerak secara signifikan. Lengan-lengan mereka mulai bergerak turun ke samping hingga akhirnya berada di sisi tubuh," jelas Alyson Wilson, salah satu peneliti yang terlibat di AFTER.

Beberapa detik setelah pembacaan doa, tangan jenazah di dalam peti tersebut bergerak. (Youtube)
Beberapa detik setelah pembacaan doa, tangan jenazah di dalam peti tersebut bergerak. (Youtube)

Nggak hanya gerakan tangan yang halus, terkadang gerakan tangan jenazah ini bisa berlangsung secara tiba-tiba dan sangat jelas. Gerakan ini bahkan sampai mengejutkan pemimpin penelitian, Dr Xanthe Mallet.

"Saya pikir orang akan terkejut betapa banyak gerakan mereka. Saya kagum ketika melihatnya, karena gerakannya terlihat jelas. Sangat mencengangkan," ujar Dr. Mallet.

Menariknya, gerakan tangan jenazah ternyata bisa memberikan manfaat bagi penyelidikan kasus kriminal, lo Millens. Sebagai contoh, hal ini bisa menentukan waktu kematian. 

"Penelitian ini sangat penting untuk membantu penegakan hukum dalam menyelesaikan kejahatan dan juga membantu dalam penyelidikan bencana," pungkas Wilson.

Jadi, nggak perlu mengait-ngaitkan hal ini dengan sesuatu yang mistis, ya? Ternyata, mayat orang yang sudah meninggal juga masih bisa melakukan gerakan. (Dre/MG29/E07)