Gedung di Slipi Roboh, Kenali Penyebab Gedung yang dapat Roboh Tiba-tiba

Gedung di Slipi Roboh, Kenali Penyebab Gedung yang dapat Roboh Tiba-tiba
Gedung ambruk di Slipi. (KONTAN/Fransiskus Simbolon)

Senin (6/1/2020) gedung berlantai 4 di Slipi, Jakarta Barat, roboh dan membuat beberapa orang terluka. Sebelum mengalami kejadian serupa, kenali penyebab bangunan yang dapat rubuh tiba-tiba.

Inibaru.id – Gedung berlantai 4 yang ada di kawasan Slipi, Jakarta Barat, roboh pada Senin (6/1/20) kemarin. Ada beberapa dugaan terkait dengan hal ini, namun para ahli menyebut hal ini dipicu oleh lemahnya konstruksi dan kualitas bangunan.

Medcom, Senin (6/1) menulis, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengaku belum pernah melihat gedung roboh tiba-tiba. Dia juga memastikan pihaknya akan mencari tahu penyebab insiden ini.

“(Kalau kuat) enggak mungkin beton itu terkelupas dari tulangannya, demikian ambrolnya,” ucap Hari.

Sementara itu, Badan SAR Nasional (Basarnas) justru menduga robohnya gedung ini terkait dengan penyerapan air.

“Ini kan musim hujan, dia menyerap air terlalu banyak dan dari per lantai tidak ada pembuangan air,” ucap Direktur Operasional Basarnas, Brigjen Marinir Budi Purnama.

Selain dua dugaan tersebut, ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan gedung ambruk, Millens! Berikut adalah berbagai penyebabnya.

Beban yang Berlebihan

Jika beban bangunan dan isinya melebihi dari rencana awal saat dibangun, maka hal tersebut dapat menyebabkan bangunan roboh. Sebagai contoh, jika sebelumnya bangunan hanya diperuntukkan sebagai rumah namun kemudian digunakan sebagai gudang penyimpanan barang, beban yang ditanggung bangunan menjadi berlebihan dan membuatnya rentan roboh.

Kesalahan Konstruksi

Jika rancangan bangunan tidak benar-benar dilakukan dengan baik, akan membuat struktur bangunan menjadi lemah dan akhirnya bisa membuat bangunan tersebut rentan roboh, Millens! Gedung di Slipi yang roboh ini juga diketahui telah miring selama dua tahun.

Material Bangunan yang Tidak Tepat

Penggunaan material bangunan yang nggak tepat juga bisa membuat bangunan menjadi lemah sehingga rentan roboh.

Pondasi Bangunan Lemah

Pondasi bangunan yang tidak kuat akan membuat bangunan lebih mudah roboh. Nggak hanya faktor rancangan atau perhitungan, bisa jadi pondasi yang tidak kuat ini dipengaruhi oleh faktor alam.

Kekuatan Bangunan Belum Diuji

Banyak kontraktor yang ingin memotong biaya pembangunan sehingga nggak melakukan pengujian kekuatan bangunan. Akibatnya hal ini meningkatkan risiko bangunan roboh saat digunakan karena tidak kuat menahan beban.

Jadi sebelum membangun gedung, perhatikan hal di atas terlebih dahulu ya, Millens! (IB09/E06)