Gara-gara Ini, Puasa Malah Bikin Gemuk, Millens

Gara-gara Ini, Puasa Malah Bikin Gemuk, Millens
Kebiasaan ini jadi penyebab puasa malah bikin gemuk. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Bukannya membuat berat badan turun, sejumlah orang mengaku puasa malah bikin gemuk. Bisa jadi, mereka melakukan hal ini sehingga mengalaminya.

Inibaru.id – Berpuasa di bulan Ramadan membuat kita nggak makan dan minum seharian. Nah, banyak orang yang menganggap hal ini bisa bikin berat badan turun. Tapi, sejumlah orang justru menganggap puasa malah bikin gemuk. Kok, bisa sih?

Ternyata, kebiasaan saat menjalani ibadah puasa memang bisa membuat berat badan justru naik. Meski nggak makan dan minum seharian, asupan kalori bisa meningkat atau sistem pencernaan justru berubah. Nah, berikut adalah sejumlah alasan mengapa puasa malah bisa bikin gemuk.

Sahur dengan Cara yang Salah

Di Indonesia, lamanya berpuasa di bulan Ramadan biasanya sekitar 14 jam. Banyak orang yang takut kelaparan sehingga akhirnya makan sahur dengan porsi yang besar. Padahal, hal itu sebenarnya nggak perlu dilakukan.

Makan berlebihan justru hanya membuat asupan kalori bertambah. Ditambah kebiasaan tidur setelah sahur, hal ini justru akan membuat kinerja saluran pencernaan terganggu. Dampaknya, tubuh nggak menyerap nutrisi makanan dengan baik dan akhirnya hanya berubah jadi lemak yang semakin menumpuk. Kamu pun jadi makin gemuk, deh, Millens.

Pola makan yang tidak tepat mempengaruhi berat badan saat puasa. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Pola makan yang tidak tepat mempengaruhi berat badan saat puasa. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kalap Saat Berbuka

Ini juga jadi kesalahan banyak orang sehingga puasa malah bikin tambah gemuk. Saat berbuka, kamu nggak memperhatikan apa yang dimakan atau minum. Sebagai contoh, kamu makan gorengan, minuman manis, minuman soda, atau bahkan nasi dalam porsi besar.

Hal itu hanya bikin asupan kalorimu berlebihan. Dampaknya, badan makin melar, deh.

Berbuka puasa itu sebaiknya nggak berlebihan, Millens. Air putih, beberapa butir kurma, atau camilan ringan sudah cukup, kok. Nggak perlu harus minum minuman manis. Setelah itu, kamu bisa deh makan nasi dan lauk-lauknya. Ingat, porsinya juga jangan berlebihan, ya?

Malas-malasan

Meski tidur dianggap beribadah saat puasa, bukan berarti kamu malas-malasan seharian. Sebaiknya kamu tetap aktif melakukan berbagai hal seperti biasanya. Kalau malas-malasan, malah bikin kamu jadi semakin lemas. Kurang gerak juga bikin berat badan makin bertambah, deh.

Jadi, sudah tahu kan alasan mengapa puasa malah bikin gemuk. Hindari hal-hal itu deh biar kamu nggak sampai mengalaminya. (Hal/IB09/E05)