Gantikan Ganjar, Syarifuddin Dilantik Jadi Pelaksana Kerja Gubernur Jawa Tengah

Gantikan Ganjar, Syarifuddin Dilantik Jadi Pelaksana Kerja Gubernur Jawa Tengah
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat melantik Syarifuddin. (Fajar.co.id)

Dengan berakhirnya masa jabatan Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko, kursi kepemimpinan Jawa Tengah sementara ini diisi Syarifuddin. Kementerian Dalam Negeri resmi melantiknya menjadi Pelaksana Kerja Gubernur Jateng pada Kamis (23/8/2018) di Semarang, Jawa Tengah.

Inibaru.id – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo resmi melantik Syarifuddin menjadi pelaksana kerja Gubernur Jawa Tengah pada Kamis, (23/8/2018). Bertempat di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah, pelantikan ini sekaligus menandai selesainya masa bhakti Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Penjabat Gubernur Jawa Tengah sebaik-baiknya dan seadil-adilnya dan memegang teguh UUD Negara Republik Indonesia ’45 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” ucap Syarifuddin saat melaksanakan sumpah jabatan.

Usai mengucapkan sumpah jabatan tersebut, Tjahjo kemudian menutupnya dengan menyatakan Syarifuddin resmi dilantik sebagai Pelaksana Kerja Gubernur Jawa Tengah.

“Dengan mengucapkan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, saya atas nama Presiden Indonesia dengan ini resmi melantik Drs. Syarifudin, MM sebagai Penjabat Gubernur Jawa Tengah sesuai dengan Kepres no 133/P 2018 tertanggal 7 Agustus 2018, saya percaya bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” seperti dikutip dari Kumparan.com, Jumat (24/8)

Sebelum dilantik, Syarifuddin diketahui menjabat sebagai Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri. Sebagai pelaksana kerja Gubernur, dirinya akan menjalani masa jabatan selama 23 hari, terhitung dari 24 Agustus hingga 16 September 2018.

Berdasarkan rencana, Ganjar Pranowo dan Taj Yasin yang unggul dalam Pilgub Jateng lalu akan resmi dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2018-2023 pada 17 September mendatang.

Saat ditanya mengapa Syarifuddin terpilih mengisi jabatan itu, Ganjar mengatakan Syarifuddin memiliki pemahaman yang baik tentang tugas kepala daerah. Dengan pengalaman SYarifuddin sebagai Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Ganjar yakin lelaki tersebut mampu memimpin sementara Jawa Tengah.

Dalam kesempatan yang sama, mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko juga menyampaikan permintaan maafnya pada masyarakat Jawa Tengah.

“Saya mohon maaf jika ada kekurangan selama lima tahun membantu Pak Ganjar memimpin Jawa Tengah. Kami hanya manusia biasa,” tutur Heru.

Terima kasih Pak Ganjar dan Pak Heru atas kerja samanya memimpin Jawa Tengah selama lima tahun belakangan. (IB15/E04)