Komjen Syafruddin Resmi Jadi Menteri PAN-RB

Presiden Jokowi resmi melantik Komjen Syafruddin menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Syafrudin ditunjuk menggantikan Asman Abnur yang mengundurkan diri.

Komjen Syafruddin Resmi Jadi Menteri PAN-RB
Komjen Syafruddin, ditunjuk sebagai Menteri PAN-RB. (Viva.co.id/Syaefullah)

Inibaru.id – Komjen Syafruddin resmi dilantik menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) di Istana Negara pada Rabu (15/8/2018). Presiden Joko Widodo menunjuk Syafrudin setelah Asman Abnur mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menpan-RB.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sejumlah menteri serta pejabat hadir dalam pelantikan tersebut. Menteri dan pejabat yang hadir di antaranya Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan, Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang (OSO).

Sebelum ini, Menpan-RB Asman Abnur memilih untuk mengundurkan diri dari Kabinet Kerja karena partainya,PAN, memutuskan bergabung dengan koalisi yang mengusung Prabowo Subianto–Sandiaga Uno pada Pilpres 2019 mendatang. Asman mengaku tidak ingin menjadi beban Jokowi karena hal ini.

“Tentu saja saya harus berpikir agar tidak menjadi beban pemerintah dan Pak Presiden. Kalau diperkenankan, saya mohon diizinkan untuk mundur,” ucap Asman pada Selasa (14/8).

Asman dan Presiden Jokowi kemudian bertemu di Istana Presiden Bogor pada Selasa (14/8) malam. Pada pertemuan itu, Asman mengajukan permohonan pengunduran diri secara langsung sebagai Menteri PAN-RB. Dia berharap kinerjanya selama ini bisa diteruskan penggantinya dengan lebih baik.

Sementara itu, posisi Wakapolri digantikan Irjen Idham Aziz. Idham sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

Terima kasih Pak Asman dan selamat menjabat Pak Syafrudin. (IB09/E04)