Usai Dilantik, Ganjar-Yasin Bebersih Pasar Peterongan Semarang

Usai Dilantik, Ganjar-Yasin Bebersih Pasar Peterongan Semarang
Gubernur Jawa Tengah membersihkan sampah di Pasar Peterongan, Kota Semarang. (Bisnis.com)

Gubernur Jawa Tengah beserta jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melakukan aksi bersih-bersih di Pasar Peterongan, Kota Semarang pada Jumat (7/9/2018). Aksi ini dilakukan untuk memberi contoh bagi masyarakat Jawa Tengah agar turut berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan.

Inibaru.id – Di hari kedua menjabat, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin bergotong-royong membersihkan Pasar Peterongan, Kota Semarang. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, serta para pejabat Pemprov Semarang juga terlihat pada acara yang berlangsung pada Jumat (7/9/2018) itu.

Sambil menyapu, Ganjar tanpa canggung mengajak para pedagang ngobrol. Sesekali lelaki berusia 49 tahun itu memungut plastik-plastik yang bertebaran di sekitarnya dan memasukkannya ke karung yang dibawanya. Dalam aksi yang berlangsung selama 40 menit itu Ganjar mengumpulkan sekitar 56,5 kilogram sampah.

Ganjar berharap aksinya menjaga kebersihan itu bisa ditiru masyarakat.

“Pasar tradisional kalau mau mencontoh pasar tradisional di Jepang akan sangat baik. Penataannya bagus, lingkungan pasar bersih, sistem drainase teratur, sampah dikelola dengan baik sehingga orang yang datang merasa nyaman.” tutur Ganjar seperti ditulis Antaranews.com, Jumat (7/9).

Politikus PDI Perjuangan ini juga meminta lapak-lapak yang kurang layak dibongkar dan diperbaiki. Melihat aksi Ganjar beserta para pejabat tersebut, seorang pedagang mengaku tidak menyangka bisa melihat secara langsung orang nomor satu di Jawa Tengah itu.

“Saya kaget melihat Pak Gubernur datang dan memunguti sampah di depan lapak saya tadi. Tadi sempat tidak percaya karena selama ini hanya melihat lewat televisi tetapi sekarang saya melihat langsung,” kata pedagang tersebut.

Nah, sobat Millens, alangkah lebih baik kalau kamu juga selalu menjaga kebersihan seperti yang dicontohkan Pak Ganjar ya! (IB15/E04)