Ganjar Ajak Warga Jateng Menggalakkan Pariwisata Dalam Negeri

Ganjar Ajak Warga Jateng Menggalakkan Pariwisata
Dalam Negeri
Lembah Sindoro Posong, Temanggung menawarkan pemandangan indah, udara segar, dan kuliner khas daerah itu. Cocok banget buat kamu yang mau lupa sejenak urusan kerjaan di kantor. (Shutterstock)

Wisata di dalam negeri, termasuk di Jawa Tengah ada banyak dan nggak kalah menarik. Selain tetap bisa healing, berwisata di dalam negeri juga akan menghidupkan perekonomian warga lokal.

Inibaru.id - Hampir setiap orang suka jalan-jalan. Kamu juga termasuk yang sering travelling dan menjajaki tempat baru dan unik nggak nih, Millens?

Nah, kegemaran berwisata masyarakat Indonesia ini selaras dengan imbauan yang dikatakan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Jokowi meminta jajaran pemerintah di daerah untuk menggalakkan pariwisata di dalam negeri karena Indonesia kaya akan potensi wisata.

Hal tersebut disampaikan presiden dalam pengarahan kepada seluruh menteri dan kepala lembaga, kepala daerah, pimpinan BUMN, Pangdam, Kapolda, serta Kajati di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (29/9/2022).

Pasar Papringan Temanggung bakal memberikan pengalaman jual beli yang unik dan menarik karena alat tukar berupa pring kecil berbentuk persegi. (Antara/Anis Efizudin)
Pasar Papringan Temanggung bakal memberikan pengalaman jual beli yang unik dan menarik karena alat tukar berupa pring kecil berbentuk persegi. (Antara/Anis Efizudin)

Instruksi Jokowi tersebut disambut baik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Lebih lanjut Ganjar mengatakan bahwa anjuran untuk berwisata dan menggali potensi dalam negeri bakal berdampak baik pada ekonomi lokal.

“Wisata lokal itu ada destinasi yang existing maupun desa-desa wisata,” terangnya setelah mengikuti Rapat Paripurna di Gedung DPRD Jateng, Jumat (30/9).

Mantan anggota DPR RI itu menyebut arahan presiden itu jika dilakukan maka dampaknya akan sangat baik.

“Kita bisa berbelanja atau membeli kebutuhan dari produk teman kita sendiri, di wilayah kita sendiri,” katanya.

Bagi yang doyan belanja produk fesen, di Solo ada Pasar Klewer yang menawarkan baju-baju dengan harga grosir. (Kontan)
Bagi yang doyan belanja produk fesen, di Solo ada Pasar Klewer yang menawarkan baju-baju dengan harga grosir. (Kontan)

Selain bisa memperkuat ekonomi lokal di Jawa Tengah, anjuran presiden untuk menggalakkan pariwisata juga berdampak baik pada pengenalan potensi wisata di Jateng. Ya, seperti yang kita tahu, Jateng mempunyai banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi.

“Ini akan bisa menjadi kekuatan ekonomi untuk menghidupkan ekonomi lokal. Jadi, pikniknya di Indonesia saja!” tegas politikus PDIP itu.

Yap, jalan-jalan di dalam negeri nggak kalah seru kok, Millens. Pemandangan alamnya eksotik, dana yang kita butuhkan juga lebih masuk akal ketimbang keluar negeri. Jadi kapan nih kita cabs? (Siti Khatijah/E05)