Adakan Lomba Daur Ulang APK, Ganjar Siapkan Hadiah Rp 20 Juta

Daripada dibuang menjadi sampah, Ganjar mengajak masyarakat untuk mendaur ulang Alat Peraga Kampanye (APK). Gubernur Jawa Tengah ini bahkan mengiming-imingi hadiah total Rp 20 juta.

Adakan Lomba Daur Ulang APK, Ganjar Siapkan Hadiah Rp 20 Juta
Ganjar saat mengumumkan lomba daur ulang APK. (Jatengprov)

Inibaru.id – Memasuki masa tenang Pemilu 2019, sejumlah Alat Pega Kampanye (APK) mulai dicopoti. Nggak pengin terbuang sia-sia, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak masyarakat untuk mendaur ulang APK tersebut. Dia bahkan menyediakan hadiah total sebesar Rp 20 juta.

Melalui akun Instagram pribadinya, @ganjar_pranowo, Ganjar mengunggah video yang isinya meminta masyarakat untuk mendaur ulang APK.

“Saya akan gelar lomba daur ulang APK ini. Nantinya saya siapkan hadiah total Rp20 juta. Silakan kirimkan hasil kreatifnya ke medsos saya. Nanti akan dipilih pemenangnya,” ucap Ganjar yang terlihat ikut dalam proses pencopotan beberapa APK yang masih terpasang di beberapa lokasi di Kota Semarang.

Lewat lomba ini, Ganjar ingin mengajak masyarakat menjadi lebih kreatif dalam mendaur ulang berbagai macam sampah atau benda yang nggak berguna menjadi benda yang lebih bermanfaat.

“APK ini bisa jadi payung, tas, jas hujan, atau apa saja yang memiliki nilai ekonomi,” saran Ganjar.

Selain bisa memberikan manfaat, daur ulang APK bisa menjaga lingkungan mengingat APK biasanya terbuat dari bahan plastik yang sulit terurai.

“Jangan dibuang sembarangan karena kebanyakan material APK itu plastik. Kalau jadi sampah bisa mencemari lingkungan,” lanjutnya.

Dalam video yang langsung viral di media sosial ini, Ganjar menggunakan sepeda motor untuk berkeliling di beberapa ruas jalan Kota Semarang dan mencopoti berbagai macam jenis APK. Selain Ganjar, terlihat beberapa petugas Satpol PP Provinsi Jawa Tengah, petugas panwas, dan beberapa kolega turut serta melakukannya.

Proses ini dimulai dari kawasan Puri Gedeh dan kemudian dilanjutkan ke Jalan Simongan Raya, Jalan Karangayu, hingga ke Kawasan Tugu Muda.

Ide Gubernur Ganjar sepertinya menarik, nih Millens. Ikutan lombanya, yuk! (IB09/E04)