Galeri Industri Kreatif di Kota Lama Semarang Resmi Dibuka
Galeri Industri Kreatif diresmikan. (Ayosemarang/Afri Rismoko)

Galeri Industri Kreatif di Kota Lama Semarang Resmi Dibuka

Diresmikan pada Minggu (26/5/2019), Galeri Industri Kreatif berlokasi di Kota Lama Semarang. Galeri ini menjadi tempat promosi UMKM di berbagai bidang.

Inibaru.id – Sah! Kota Semarang kini memiliki Galeri Industri Kreatif. Galeri ini berada di Gedung PT Perusahaan Perdagangan Indonesia yang ada di belakang Gereja Blenduk, Kota Lama Semarang.

Galeri Industri Kreatif diresmikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu pada Minggu (26/5/2019) petang. Gedung ini nantinya akan menampung sejumlah produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) baik itu produk-produk fesyen, kuliner, furnitur, serta kerajinan tangan lainnya.

Ganjar menyebut pembangunan galeri yang diinisiasi oleh Heveraita ini sebagai revitalisasi bangunan kuno di Kawasan Kota Lama yang patut untuk diapresiasi.

“Ini sangat luar biasa. Sudah disulap Pak Wali Kota dan Bu Wakil Wali Kota menjadi gedung yang bagus sekali. Kami harapkan para UMKM bisa segera meramaikan galeri ini,” ucap Ganjar seperti ditulis laman Antaranews, Minggu (26/5).

Proses pembangunan Galeri Industri Kreatif ini menghabiskan dana sebanyak Rp 1,6 miliar. Diharapkan, keberadaan gedung ini semakin memperindah Kawasan Kota Lama Semarang yang memang sedang dipersolek dalam beberapa waktu terakhir.

Ganjar juga menyarankan warga dan pemerintah Kota Semarang untuk merawat Kota Lama Semarang agar bisa menjadi tempat pariwisata yang nyaman bagi siapa saja.

“Harganya sebaiknya tidak ‘ngepruk’, tempatnya harus dijaga selalu bersih, dan orangnya juga harus ramah,” sarannya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Semarang yang juga merupakan Ketua Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L), Hevearita menyebut Galeri Industri Kreatif bisa dimaksimalkan pelaku UMKM sebagai promosi produk-produknya. Dia  meminta masyarakat Kota Semarang untuk nggak ragu untuk mengunjungi galeri ini.

“Sistem transaksi di Galeri Industri Kreatif juga sudah memakai metode non-tunai sehingga bisa memudahkan siapa saja untuk bertransaksi,” kata Hevearita.

Kapan nih kamu main ke Galeri Industri Kreatif, Millens. (IB09/E04)