Galau Kehilangan Teman Jelang Lulus SMA? Ini yang Harus Kamu Lakukan
Nggak perlu risau jika temanmu makin sedikit. (Unsplash/ Roberto Nickson)

Galau Kehilangan Teman Jelang Lulus SMA? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Menjelang lulus SMA pasti terhimpit perasaan sedih karena bakal kehilangan teman. Biar nggak melulu galau, yuk simak kiat menghadapinya.

Inibaru.id - Menjelang lulus SMA bisa saja membuat perasaanmu campur aduk. Senang sih bisa naik ke tingkat selanjutnya, tapi di sisi lain kamu juga sedih bakal berpisah dengan teman-temanmu. Nah, biar galaumu nggak berkepanjangan, sebaiknya kamu baca uraian berikut.

Seiring Bertambahnya Usia Wajar Jika Teman Berkurang

Tiga tahun berada di bangku SMA seperti cukup untuk menghimpun teman sebanyak mungkin. Namun seiring berjalannya waktu atau tepatnya saat kamu sudah akan lulus teman-temanmu lambat laun mulai berguguran. Hal ini wajar kok. Coba deh ingat-ingat waktu kamu di SMP, fasenya sama kan?

Tenang saja, di lingkungan baru nanti, kamu akan mendapatkan lebih banyak teman kok.

Waktu untuk Lebih Mandiri

Nggak ada salahnya kalau kamu lebih banyak menghabiskan waktu sendiri. Inilah kesempatan untuk lebih mandiri dalam menghadapi apa pun jika dulu masih sering runtang-runtung bersama teman-temanmu.

Maksimalkan untuk Membangun Mimpi

Pisah dengan teman-temanmu bukanlah akhir dari segalanya. Kamu malah bisa merangkai kehidupan yang baru, pengalaman baru dan ilmu baru. Atau jika kamu punya mimpi yang belum tercapai, inilah saatnya. Niscaya akan datang manfaat yang lebih banyak.

Sibukkan Diri dengan Kegiatan Positif

Daripada galau karena terus-terusan meratapi kehilanganmu, lebih baik kamu mengisinya dengan kegiatan positif. Meningkatkan skill-mu dengan mempelajari hal baru seperti jadi pilihan tepat. Dengan menyibukkan diri, kamu nggak akan kesepian kan?

Tetap Bisa Jalin Komunikasi

Di zaman yang serba canggih ini, seharusnya kamu nggak perlu khawatir jika akan kehilangan teman-teman. Pasalnya, kamu tetap bisa menjalin komunikasi melalui berbagai media daring yang ada di gawai genggamanmu.

Ada berbagai fitur yang bisa membuat berbagai jarak menjadi semakin dekat. Jadi sudahi galaumu karena kehilangan teman mulai sekarang ya.

Begitulah tips agar kamu nggak sedih lagi kalau akan kehilangan teman menjelang lulus dari jenjang pendidikan SMA-mu. Tetap semangat ya, Millens! (IB28/E05)