Galang Dana untuk Panti Asuhan, Komunitas Dari Teman Gelar Movie Night

Menggalang dana nggak lagi hanya turun di jalan. Komunitas Dari Teman buat konsep baru mengemas acara penggalangan dana dengan memutarkan sejumlah film.

Galang Dana untuk Panti Asuhan, Komunitas Dari Teman Gelar Movie Night
Komunitas Dari Teman adakan Movie Night pada Selasa (21/5/2019). (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Inibaru.id – Berbeda dari komunitas sosial lainnya. Kalau biasanya meminta donasi dilakukan secara online atau sekadar “menodong” di jalanan, Komunitas Dari Teman punya cara tersendiri. Mereka justru memilih untuk menayangkan sejumlah film saat acara penggalangan dana.

Acara yang dinamai Movie Night itu terselenggara pada Selasa (21/5/2019). Bertempat di Disenja Rooftop Impala Space, komunitas yang baru mendeklarasikan diri ini berkolaborasi dengan kolektif perfilman Semarang Sineroom.

Ada tiga film yang diputar dalam debut perdana tersebut. Ketiga film itu adalah Gendhuk karya Farizal Famuji, Rumah karya Yosep Anggi Noer, dan Mak Cepluk karya Wahyu Agung Prasetya. Dua dari ketiga film yang diputarkan sebenarnya nggak sesuai dengan rencana. Semula, dua film selain Gendhuk yang bakal diputar adalah Happy Family karya Eden Junjung dan Lemantun karya Wregas Bhanuteja. Namun, karena ada masalah teknis, kedua film ini gagal diputar.

Suasana Movie Night yang diadakan Komunitas Dari Teman, Selasa (21/5/2019). (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Salah satu penggagas Komunitas Dari Teman Ema mengatakan, pihaknya sengaja memilih film sebagai hiburan bagi para donatur yang hadir.

“Aku kebetulan sering kumpul dengan orang lokal dan ekspatriat. Mereka juga berdonasi di sini. Kalau donasi aja kok kurang, akhirnya kami buat Movie Night. Jadi ini entertain buat mereka dengan film-film Indonesia,” ujarnya.

Saat pemutaran film, para peserta tampak antusias. Mereka menyimak adegan per adegan. Bahkan, beberapa di antaranya sampai meneteskan air mata karena kisah film-film pendek itu menyentuh hati. Setelah pemutaran, mereka juga berdiskusi barang sebentar mengenai film yang ditonton.

Nah, selama acara, mereka dimintai donasi berupa apapun. Namun, kebanyakan berdonasi dengan uang tunai. Donasi itu nantinya akan disalurkan ke Panti Asuhan Darul Yatim yang terletak di Sayung, Demak.

Nggak hanya menyalurkan donasi, Komunitas Dari Teman juga berencana untuk memberikan pendampingan terhadap anak-anak panti. Mereka bakal berbagi pengetahuan dan melatih kemampuan penghuni panti.

Suasana pemutaran film dalam acara Movie Night yang diadakan Komunitas Dari Teman. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

“Kami bentuk kontribusinya bisa knowledge juga, skill (juga) silakan kalau teman-teman ini mau berbagi itu ya silakan. Suatu hari kalo ada yang mau belajar apa terus ada dari kami yang bisa ya kami ajarkan itu bareng-bareng,” ucap penggagas lain Dari Teman, Lusia Lilis Setianingtyas.

Lusia juga menjamin pihaknya bakal menjaga akuntabilitas donasi. Semua pendapatan dan pengeluaran akan dilaporkan kepada donatur melalui surel.

Wah, salut deh! Semoga donasinya bermanfaat ya! (Ida Fitriyah/E05)