Gagal CPNS 2020? Tenang, Formasi Seleksi CPNS 2021 Bakal Lebih Banyak

Gagal CPNS 2020? Tenang, Formasi Seleksi CPNS 2021 Bakal Lebih Banyak
Formasi seleksi CPNS 2021 diperkirakan jauh lebih banyak. (Antara Foto/Darwin Fatir)

Gagal seleksi CPNS 2020 bukanlah akhir segalanya. Pemerintah menyebut formasi CPNS yang bakal dibuka 2021 ternyata lebih banyak. Seperti apa ya detailnya?

Inibaru.id – Pandemi Covid-19 yang masih cukup parah di Indonesia membuat banyak orang bertanya-tanya tentang lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), khususnya pada tahun 2021. Nah, belakangan ada kabar yang menyebut lowongan CPNS 2021 bakal jauh lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Apakah kabar ini memang benar?

Jadi gini, Millens, soal seleksi CPNS, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memang sudah memastikan akan membuka kembali seleksi CPNS pada tahun depan. Diperkirakan, formasi yang dibuka pada 2021 memang lebih banyak.

“Kalau soal jumlah formasi CPNS yang dibuka untuk tahun 2021, kami perkirakan memang akan lebih banyak jika dibandingkan dengan formasi tahun 2019,” ungkap Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan-RB Andi Rahadian pada Kamis (29/10/2020).

Seleksi CPNS. (Menpan.go.id)
Seleksi CPNS. (Menpan.go.id)

Alasan utama mengapa formasi yang dibutuhkan lebih banyak adalah karena pada 2020, nggak ada rekrutmen CPNS. Kebutuhan formasi tambahan pun diakumulasikan pada seleksi CPNS 2021.

Tapi, Andi belum bisa membeberkan seberapa banyak jumlah formasi CPNS yang nantinya akan dibuka ataupun jenis formasinya. Menurutnya, hal ini masih dalam proses penyusunan internal. Andi juga belum bisa memastikan kapan tanggap pembukaan seleksi CPNS 2021.

“Jadi begini, prosesnya masih di tahap penyusunan jenis formasi, jumlah formasi, dan berbagai hal terkait persiapan lainnya. Pemerintah sekarang sedang fokus menyelesaikan rangkaian penerimaan CPNS 2021. Setelahnya, baru dibahas waktu dan bulan yang tepat untuk mengumumkan penerimaan CPNS dan PPPK beserta formasinya,” lanjut Andi.

Selain CPNS, pemerintah juga membuka seleksi PPPK. (Siedoo)
Selain CPNS, pemerintah juga membuka seleksi PPPK. (Siedoo)

Berdasarkan keterangan tersebut, pemerintah berarti juga akan membuka pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada 2021. FYI, pemerintah sebelumnya nggak membuka seleksinya lagi sejak 2019. Alasannya, rekrutmen PPPK terganjal anggaran masing-masing daerah.

Selain kabar tentang pembukaan lowongan CPNS 2021, Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga menyebut pada hari ini, Jumat (30/10), bakal dirilis pengumuman CPNS 2020. Bagi peserta yang lulus, harus menyiapkan sejumlah dokumen untuk keperluan pemberkasan.

Gimana, Millens, lebih deg-degan nunggu pengumuman CPNS 2020 atau malah sudah bersiap-siap untuk mendaftar CPNS 2021, nih? (Det/IB09/E05)

Tags : #Cpns #BKN #PPPK