Juru Foto Gratiskan Foto Penduduk Pegunungan

Juru foto profesional dibayar lantaran memotret. Namun, seorang pemuda Tiongkok justru memberikan jasa foto gratis bagi keluarga yang tinggal di pegunungan Mulia sekali!

Juru Foto Gratiskan Foto Penduduk Pegunungan
Yang Dongqing mengambil foto keluarga di pegunungan secara gratis. (Idntimes.com)

Inibaru.id – Berkumpul dengan keluarga besar dan berfoto bersama telah menjadi semacam tradisi di Tiongkok. Namun, bagi masyarakat pegunungan, ini tidaklah mudah. Nggak banyak juru foto yang bersedia datang ke pegunungan untuk sekadar memotret mereka.

Namun, dalam tiga tahun terakhir, keinginan itu bisa terwujud berkat jasa seorang fotografer profesional, Yang Dongqing. Nggak cuma meluangkan waktu memotret para keluarga di pegunungan, Yang bahkan menggratiskan jasanya tersebut. 

Yang yang juga tinggal di daerah pegunungan di Baoshan, Provinsi Yunnan, Tiongkok, tahu benar kesulitan warga pegunungan untuk memakai jasa juru foto. Maka, muncullah ide ini. 

Baca juga:
Celana Dalam Merah hingga Rabo-Rabo untuk Rayakan Tahun Baru
Fahri Hamzah yang Dibawa-bawa dalam Heboh "Ayat-Ayat Cinta 2"

Dia mengawali jasa foto gratis dengan memotret para keluarga di kampung halamannya pada 2015. Setelah itu, Yang memotret keluarga di kampung-kampung sekitarnya seperti ditulis Idntimes.com, Minggu (31/12/2017).

Salah satu potret keluarga yang diambil Yang. (Idntimes.com)

Kakek Yang dulu pengin banget punya foto keluarga. Namun, keinginan itu terpaksa ditepisnya lantaran kondisi ekonomi yang nggak memungkinkan untuk menyewa juru foto. Nah, lantaran kisah inilah Yang kemudian memutuskan memotret para keluarga di pegunungan secara cuma-cuma.

“Keluarga di pegunungan cenderung nggak ada kesempatan punya foto keluarga. Nah, saya pengin mengubah itu,” tegas mahasiswa Desain Iklan Chonqing University itu.

Salah satu potret keluarga yang diambil Yang. (Detik.com)

Foto yang diambil Yang kini mencapai 200 foto keluarga dan 1000 foto pesonal. Foto-foto tersebut kemudian dia cetak serta bingkai. Harapan Yang, setelah 10 tahun dia dapat membuat pameran tentang foto itu.

Aksi yang dilakukan Yang diapresiasi oleh pemerintah. Banyak pula sukarelawan yang mengikuti jejak pemuda tampan itu. Aksi ini pun dia namai “Free Photographing of Family Pictures”.

Baca juga:
Film Horor yang Bakal Mendatangimu Tahun Ini
Catatan 2017: Lokawisata Kita yang Instagrammable Setahun Ini

Hm, para juru foto Tanah Air, ada yang tergerak hatinya? Atau ada Sobat Millens yang pengin mengikuti jejak Yang Dongqing? Pegunungan di Indonesia luas, lo!(IF/GIL)