Foto Pedagang Semarang Viral Diunggah Apple, Begini Kata Orang yang Memotretnya

Foto Pedagang Semarang Viral Diunggah Apple, Begini Kata Orang yang Memotretnya
Foto pedagang Semarang yang diunggah Apple, terlihat misterius, viral di media sosial. (IG/amranrezha)

Apple mengunggah sebuah foto pedagang Semarang yang kemudian viral di media sosial Tanah Air. Hm, kira-kira, siapa ya yang memotretnya dan bagaimana tanggapannya saat tahu fotonya sampai diunggah jenama teknologi terkemuka ini?

Inibaru.id – Akun Instagram Apple baru-baru ini mengunggah sebuah foto yang bikin warganet Indonesia geger.

Foto ini bukan menunjukkan pemandangan indah khas tanah air atau budaya Indonesia yang biasanya bikin warganet mengucap kata bangga. Foto ini menunjukkan seorang pedagang pasar di Kota Semarang, Jawa tengah, yang justru terlihat misterius.

Foto ini nggak diambil langsung oleh fotografer dari jenama yang dibangun oleh mendiang Steve Jobs tersebut, melainkan oleh seorang fotografer dari Indonesia bernama Rezha Amran. Dia dikenal sebagai praktisi kehumasan dari Jakarta dan sering mengambil foto bertema street photography alias fotografi jalanan.

Nah, kok bisa foto ini sampai kemudian diunggah Apple? Ternyata, Rezha mengunggahnya dengan iPhone, produk yang dibuat oleh Apple. Foto ini juga diunggah dengan tagar #ShotoniPhone. Kalau kamu mengecek tagar ini, foto-foto yang diambil berasal dari berbagai seluruh sudut dunia.

Rezha sendiri mengaku bangga saat tahu fotonya dipilih oleh tim Apple sehingga bisa diunggah di feed Instagram milik jenama teknologi terkemuka tersebut.

“Saya nggak tahu apa pertimbangan foto saya dilirik dari sekian banyak orang yang menggunakan hashtag #shotoniPhone, mungkin rezeki, alhamdulillah,” tutur Rezha, Minggu (8/8/2021).

Nggak hanya Rezha yang bangga, warga Indonesia yang dikenal suka membanjiri kolom komentar hal-hal yang terkait dengan Indonesia juga ikut memberikan likes dan komentar di unggahan foto Apple ini. Rezha mengaku senang dengan komentar-komentar itu.

Akun Instagram Rezha Amran mengalami kenaikan jumlah <i>follower</i> dengan signifikan. (IG/amranrezha)
Akun Instagram Rezha Amran mengalami kenaikan jumlah follower dengan signifikan. (IG/amranrezha)

Kapan Foto Ini Diambil?

Yang menarik, foto pedagang Semarang ini sebenarnya diambil pada 2020. Rezha mengambilnya saat mengantarkan istri ke pasar. Sembari menunggu istrinya selesai berbelanja, dia jalan-jalan dan mengambil objek menarik untuk diabadikan dalam gambar. Saat itulah dia melihat seorang pedagang bertopi lebar yang ada di balik bayangan dengan latar pintu lipat berwarna hijau dan gantungan kerupuk rambak.

Rezha mengaku dirinya mengambil gambar itu sebelum pukul 07.00 WIB. Cahaya matahari yang terang di belakang dan dipadukan dengan posisi sang pedagang yang gelap di dalam bayangan membuatnya terlihat misterius.

“Handphone saya bukan iPhone yang canggih, tapi iPhone 7 Plus,” terangnya terkait kamera apa yang dia pakai untuk mengambil foto ini.

Menariknya, foto ini baru dia unggah di akun instagramnya pada 25 Februari 2021. Beberapa bulan kemudian, Rezha dihubungi pihak Apple lewat surat elektronik (e-mail). Mereka meminta izin mengunggah kembali foto tersebut di feed Instagram Apple pada Agustus 2021.

Sejak saat itulah, fotonya viral. Jumlah pengikut di Instagramnya @amranrezha yang isinya adalah karya-karya fotografi jalanannya juga bertambah dengan drastis mencapai 11,5 ribu.

Kamu sudah ikut mengikuti akun Instagram Rezha Amran belum nih, Millens? Foto-foto di akun ini keren-keren, lo. (Lin/IB09/E05)