Berbagi Ruang Kerja dengan Flexible Office

Untuk menghemat ongkos sewa tempat, sebagian perusahaan rintisan memilih berbagi ruang kerja dengan pelaku usaha lain. Maka, muncullah ide memuat co-working space. Yang terbaru, ada juga istilah flexible office. Apa bedanya?

Berbagi Ruang Kerja dengan Flexible Office
Tampilan ruang kerja yang disewakan di Perusahaan Regus. (Kompas.com/Kahfi Dirga Cahaya)

Inibaru.id - Kian banyaknya anak muda yang mencoba merintis usaha sendiri atau menjadi pekerja lepas membuat "ngantor" nggak lagi jadi prioritas. Banyak orang mencari tempat ngantor yang lebih fleksibel atau berbagi kantor dengan para pelaku usaha lain. Dari situlah muncul co-working space. Yang terbaru, ada juga flexible office. Apakah itu?

Flexible office adalah sebuah konsep yang menawarkan kemudahan bagi siapa saja untuk berbagi ruang kerja laiknya konsep co-working spaceYang membedakan keduanya hanyalah dari segi keleluasaan pribadi. Berbeda. Flexible office memberikan ruang kerja yang lebih privat lantaran ada sekat-sekat yang memisahkan satu orang dengan yang lainnya, sementara co-working space tidak. 

Baca juga:
Penyandang Disabilitias asal Pekalongan Dapat Tawaran Beasiswa Sekolah Desain
Fenomena “Super Blue Blood Moon”, MAJT Akan Gelar Salat Gerhana

Konsep flexible office ini diharapkan bisa menjadi pilihan bagi masyarakat yang membutuhkan privasi ruang kerja tanpa menghilangkan konsep berbagi yang lebih murah dari segi ongkos sewa tempat. Dalam flexible office ini, perusahaan atau seseorang juga bisa memilih satu atau lebih space sesuai yang mereka butuhkan. 

Seperti ditulis Kompas.com, Selasa (31/1/2018), salah satu penyedia flexible office, Regus, mengaku konsep berbagi ruang kerja yang lebih privat itu cukup diminati masyarakat. Hal ini karena tiap orang atau perusahaan jadi bisa bekerja di manapun, kapanpun, dan dengan cara apapun sesuai kebutuah mereka, dengan tingkat harga yang bisa disesuaikan.

Country Head Regus Malaysia Vijaykumar Tangarasan menuturkan, dengan menempatkan kantor nggak jauh dari ruang publik, transportasi umum, dan pusat bisnis, kualitas bekerja akan menjadi lebih produktif. Dia menambahkan, keuntungan lain dari menjadi klien Regus adalah akan dibantu dalam memasarkan produknya.

Baca juga:
Facebook dan Instagram Resmi Larang Iklan Cryptocurrency
Tujuh Tumpeng Awali Peluncuran Novel “Anak Negeri”

“Misalnya seorang klien kami mau memasarkan produknya, maka kami akan mengirimkan info produk tersebut ke seluruh klien yang kami punyai,” terangnya.

Barangkali kamu pengin punya kantor sendiri, bisa nih mulai tanya-tanya flexible office di sekitar lokasi usahamu, Millens. (YFH/GIL)