Fix, 20 Maret 2022 MotoGP Indonesia Digelar di Sirkuit Mandalika

Fix, 20 Maret 2022 MotoGP Indonesia Digelar di Sirkuit Mandalika
MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok bakal digelar 20 Maret 2022. (Antara/Ahmad Subaidi)

Dorna dan MotoGP telah merilis jadwal sementara MotoGP 2022. Ada nama Sirkuit Mandalika yang dijadwalkan menggelar seri balapan pada 20 Maret 2022.

Inibaru.id – Kamu penggemar ajang balap sepeda motor MotoGP, Millens? Siap-siap untuk bisa melihatnya di negeri sendiri, ya. Pada 20 Maret 2022 besok, MotoGP Indonesia dipastikan akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kabar ini dipastikan oleh Dorna dan MotoGP. Di situs resmi mereka, terpampang kalender sementara MotoGP 2022. Jadi ya, seri balap sepeda motor tahun depan akan berlangsung di 21 sirkuit. Menariknya, Sirkuit Mandalika jadi sirkuit kedua yang menggelar balapan ini usai balapan pertama yang digelar di Sirkuit Losail, Qatar, pada 6 Maret 2022.

Selain Indonesia, ada tuan rumah baru lain dari ajang balapan MotoGP, yakni Finlandia. Nantinya, balapan di negeri yang dikenal dekat dengan Kutub Utara ini bakal dilangsungkan di Sirkuit KymiRing pada 10 Juli 2022 alias balapan ke 12. Balapan ini juga bakal menandai rehat selama lebih dari tiga minggu selama musim panas.

Biar kamu tahu ini, Sirkuit Mandalika nggak hanya bakal mengadakan balapan pada 20 Maret, ya. Sebelumnya, bakal diadakan sesi latihan pramusim di sana. Kemungkinan, hal ini akan dilakukan pada 11-13 Februari 2022.

Jadi, kamu sudah bisa deh melihat aksi para pembalap MotoGP lebih awal.

Memulihkan Pariwisata Indonesia?

Kawasan Mandalika yang merupakan destinasi wisata andalan di Lombok. (Antara/Ahmad Subaidi)
Kawasan Mandalika yang merupakan destinasi wisata andalan di Lombok. (Antara/Ahmad Subaidi)

Kepastian bakal digelarnya ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 20 Maret 2022 nanti disebut-sebut bisa membantu pemulihan pariwisata Indonesia yang dihantam habis-habisan selama pandemi Covid-19. Salah seorang yang yakin dengan hal ini adalah ekonom dari Institute for Development Economics and Finance (Indef) Eko Listyanto.

“Kalau bicara konteks pariwisata Indonesia, ini sebetulnya merupakan salah satu pintu pembuka untuk pemulihan sektor pariwisata nasional yang sangat signifikan,” tegas Eko, Kamis (7/10/2021).

Selain karena MotoGP adalah ajang yang bergengsi secara global, ada hal lain yang patut dicermati, yakni angka vaksinasi di Indonesia yang terus membaik. Diharapkan hal ini akan membuat Covid-19 di Indonesia semakin terkendali dan akhirnya membuat pariwisata dan ekonomi pulih.

“Jika tidak ada lonjakan kasus lagi ke depannya, maka event MotoGP di Mandalika ini akan menjadi pengungkit penting bagi sektor pariwisata nasional,” pungkas Eko.

Omong-omong, Sirkuit Mandalika memiliki panjang 4,3 km dan berada di dekat laut sehingga memiliki pemandangan eksotis nan indah. Lokasi Sirkuit Mandalika yang ada di Pulau Lombok yang merupakan salah satu destinasi wisata andalan Indonesia juga diharapkan bakal meningkatkan sektor pariwisata Tanah Air.

Wah, kamu harus siap-siap nih, Millens, biar bisa ikut nonton langsung balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika besok Maret. (Det,Rep/IB09/E05)