Google Flights: Bisa Ketahui Delay Pesawat Lebih Cepat dari Pengumuman Maskapai

Google baru saja meluncurkan fitur untuk mendeteksi kemungkinan penundaan jadwal penerbangan. Fitur ini bahkan diklaim lebih cepat dari pengumuman maskapai.

Google Flights: Bisa Ketahui Delay Pesawat Lebih Cepat dari Pengumuman Maskapai
Google flights. (Washingtonpost.com)

Inibaru.id — Tahun 2018 tampaknya bakal menjadi tahun inovasi bagi sejumlah perusahaan. Setelah Mark Zuckerberg mengumumkan targetnya untuk memperbaiki Facebook, kini giliran Google yang mematut diri dengan membekali aplikasinya dengan fitur-fitur anyar. Salah satu fitur yang baru diirilis adalah mesin pendeteksi penundaan (delay) penerbangan pada aplikasi Google Flights.

Google Flights merupakan aplikasi pemesanan tiket pesawat yang disediakan Google. Melalui aplikasi ini, kamu bisa menemukan tiket maskapai yang murah sekaligus dapat membandingkannya dengan harga tiket maskapai lainnya.

Nah, fitur terbaru yang disisipkan Google dalam aplikasi ini dapat membantumu memprediksi penundaan penerbangan pesawat yang kamu tumpangi. Google Flights menganalisis kemungkinan itu dengan sistem khusus. Sistem itu menggunakan rekam jejak dan algoritma machine learning yang cukup canggih.

Baca juga:
Logo "Visit Malaysia 2020" Dihujat Warganet
Mirip Ramen Instan, Jaket Ini Harus Diseduh Dulu Sebelum Dipakai

Kompas.com, Jumat (2/2/2018), menuliskan, Google mengklaim informasi delay dalam Google Flights lebih cepat dibandingkan maskapai yang bersangkutan. Google juga mengaku tingkat akurasi yang dimiliki fiturnya mencapai 80 persen. Wah, keren!

Cara penggunaan fitur ini juga cukup gampang, Millens. Informasi yang perlu kamu sediakan antara lain nomor penerbangan, nama maskapai, dan rute perjalanan. Setelah itu, informasi mengenai kemungkinan penundaan jadwal penerbangan bakal otomatis muncul pada hasil pencarian.

Hal yang perlu kamu perhatikan yakni warna label yang muncul dalam detail hasil pencarian. Label hijau menandakan jadwal penerbangan tepat waktu, sedangkan merah melambangkan potensi penundaan jadwal penerbangan.

Kamu juga bisa tahu penyebab penundaan jadwal penerbanganmu dari informasi yang diberikan Google Flights.

Baca juga:
Geger Kandungan Babi pada Viostin DS dan Enzyplex, Benarkah?
Belalang dan Anjing Liar Jadi Ancaman Piala Dunia 2018

Selain fitur itu, Google Flights pun dilengkapi fasilitas pemberian informasi mendalam tentang tiket penerbangan yang dibeli. Informasi tersebut meliputi batasan-batasan terkait tiket murah yang biasanya jarang diketahui seperti memilih tempat duduk dan biaya tambahan untuk bagasi.

Nah, sekarang kamu nggak perlu khawatir ketinggalan informasi penundaan penerbangan, Millens. Jadi, kapan nih mau melancong? (YFH/IF)