Film Disney Raya and the Last Dragon Terinspirasi dari Indonesia

Film Disney <em>Raya and the Last Dragon</em> Terinspirasi dari Indonesia
Kisah film Raya and The Last Dragon terinspirasi dari Indonesia. (Twitter/DisneyStudios)

Proyek film Disney terbaru, Raya and The Last Dragon kabarnya terinspirasi dari budaya Indonesia. Seperti apa sih film ini?

Inibaru.id – Walt Disney Animation Studios merilis proyek film terbarunya, Raya and The Last Dragon. Proyek ini diumumkan saat D23 Expo yang diadakan di Anaheim Convention Center, Anaheim, California, Amerika Serikat, di pekan terakhir Agustus lalu.

Chief Creative Officer Disney Animation Jennifer Lee menyebut film Raya and The Last Dragon terinspirasi dari budaya Asia Tenggara, termasuk dari Bali, Indonesia. Demi membuat film ini, tim animator dari Disney bahkan sampai melakukan perjalanan panjang, termasuk ke sejumlah tempat yang ada di Tanah Air dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya.

Raya and The Last Dragon mengisahkan tokoh bernama Raya, seorang pejuang yang berasal dari Kerajaan Kumandra yang sedang mencari naga terakhir yang ada di dunia. Dia menganggap naga ini bisa mengembalikan perdamaian di kerajaannya.

Raya and The Last Dragon disutradarai duet Paul Briggs dan Dean Wellins. Kedua sutradara ini dikenal luas sukses besar saat menggarap Big Hero 6 serta Frozen. Sementara itu, produser dari film ini adalah Osnat Shurer yang sebelumnya menggarap film Moana. Penulis skenario dari film ini adalah Adele Lim yang sebelumnya ikut dalam proyek Crazy Rich Asians.

Dua tokoh utama dari Raya and The Last Dragon juga diperkenalkan di ajang D23 Expo. Mereka adalah Awkwafina yang akan mengisi suara dari Sisu, tokoh Last Dragon yang dicari-cari dan Cassie Steele yang akan mengisi suara karakter Raya.

Dari segi nama tokoh, kerajaan, dan kisahnya sebenarnya cukup akrab untuk masyarakat Indonesia, ya Millens. Jadi nggak sabar nih untuk segera nonton filmnya. Semoga saja, nggak perlu waktu lama untuk menunggunya, ya. (IB09/E04)