Film Kuliner Aruna dan Lidahnya Sabet Penghargaan di Jepang

Film Aruna dan Lidahnya meraih penghargaan di ajang Osaka Asia Film Fetival (OAFF) 2019. Film yang diperankan Dian Sastro dan Nicholas Saputra itu dinobatkan sebagai The Most Entertaining Film Among All Participating New Films .

Film Kuliner <em> Aruna dan Lidahnya </em> Sabet Penghargaan di Jepang
Aruna dan Lidahnya ditayangkan di Osaka Asia Film Festival. (Medcom.id)

Inibaru.id – Salah satu film terbaik Indonesia pada 2018, Aruna dan Lidahnya, mendapatkan penghargaan di Jepang. Film ini memenangi kategori The Most Entertaining Film Among All Participating New Films di Osaka Asia Film Festival (OAFF) 2019.

Medcom.id, Rabu (20/3/2019) menulis, Konsul Jenderal RI di Osaka Mirza Nurhidayat menjadi perwakilan Tanah Air yang menerima penghargaan ini. Nggak hanya meraih penghargaan, film produksi Palari Film itu juga ditayangkan dalam Gala Screening OAFF pada Kamis (14/3) lalu.

“Film ini menunjukkan nilai, tradisi, kebiasaan, serta kuliner khas Indonesia yang sangat beragam dan mencerminkan kekayaan budaya Indonesia,” ucap Mirza.

Mirza pun menganggap film yang dibintangi Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra itu mampu memperkenalkan budaya Indonesia pada masyarakat Jepang.

“Saya harap masyarakat Jepang bisa mengenal budaya Indonesia lewat film ini dan film-film karya sineas Indonesia lainnya yang diperkenalkan di sini,” lanjutnya.

Sebagai informasi, OAFF adalah ajang tahunan yang ditujukan untuk memberi penghargaan kepada sineas dari berbagai negara Asia sekaligus menayangkan film-film yang dianggap memiliki kualitas terbaik. Tahun ini, 52 film dari 12 negara Asia masuk dalam berbagai kategori nominasi. Film Aruna dan Lidahnya adalah satu-satunya film yang terpilih dari Indonesia.

Film lain yang juga mendapatkan penghargaan dalam OAFF 2019 adalah Maggie yang berasal dari Korea Selatan. Film ini menyabet Grand Prix/Best Picture Award. Film Still Human dari Hong Kong mendapatkan penghargaan Housen Short Film Award. Film 2923 dan Till Next Time yang sama-sama dari Taiwan mendapatkan penghargaan Japan Cuts Awards.

Film dari negara tuan rumah juga nggak ketinggalan mendapatkan penghargaan. Film Whole serta Demolition Girl mendapatkan penghargaan untuk kategori Audience Award.

Sobat Millens sudah nonton Aruna dan Lidahnya, belum? Film ini temanya memang unik dan berbeda dari film-film pada umumnya lo yakni mengangkat tentang kuliner Indonesia. (IB09/E04)