Film Animasi Weathering with You Jadi Wakil Jepang di Oscar 2020

Film Animasi <em>Weathering with You</em> Jadi Wakil Jepang di Oscar 2020
Film Weathering with You. (Comix Wave Film)

Weathering with You menjadi film animasi pertama yang mewakil Jepang di ajang Oscar setelah film Princess Mononoke pada 1998 lalu.

Inibaru.id – Jepang memilih film animasi Weathering with You sebagai wakil negaranya dalam ajang Oscar 2020. Film tersebut dikirim untuk kategori International Feature Film Awards atau yang dulu dikenal sebagai kategori Best Foreign Language Film. Kabar ini dikeluarkan Japan Motion Picture Producers Association (Eiren) pada Senin (26/8/2019) kemarin.

Saat ini, Weathering with You telah meraup sekitar 94 juta dolar AS setelah ditayangkan di bioskop-bioskop seantero Jepang. Film karya Makoto Shinkai ini akan menjadi film animasi pertama yang dijadikan wakil Jepang di ajang Oscar setelah Princess Mononoke karya Hayao Miyazaki pada 1998 silam.

Weathering with You mengisahkan tokoh bernama Hodaka yang kabur dari rumah untuk pergi ke Tokyo. Di tengah-tengah perjalanan, Dia bertemu dengan gadis bernama Hina yang memiliki kemampuan magis dalam mengubah cuaca. Mereka yang sering menghadapi kesulitan akhirnya memutuskan untuk bekerja sama dan saling melengkapi. Sayang, mereka juga sering mengalami masalah selama hidup bersama.

Film ini kaya dengan fantasi, fiksi, serta kepercayaan kuno masyarakat Jepang. Film yang mulai tayang pada 19 Juli itu dibintangi beberapa artis papan atas seperti Shun Oguri, Kotaro Daigo, serta Nana Mori sebagai pengisi suara.

Di Jepang, film ini mengalahkan film Hollywood Fast & Furious: Hobbs and Shaw. Film tersebut juga memuncaki box office selama tiga pekan berturut-turut. Hanya saja, pendapatan Weathering with You masih jauh jika dibandingkan dengan film pendahulunya, Your Name yang mendapatkan keuntungan 361 juta dolar AS.

Sebagai informasi, Your Name yang juga merupakan karya Makoto Shinkai tayang pada 2017 silam. Film ini menyingkirkan film Spirited Away sebagai film animasi dengan pendapatan terbesar sepanjang sejarah.

Millens sudah nonton film Weathering with You belum, nih? (IB09/E04)