Faktanya, Membersihkan Rumah Bisa Meminimalkan Kecemasan

Sebuah survei mengatakan, bersih-bersih dapat mengontrol kecemasan. Mereka yang cemas cenderung ingin mengendalikan sesuatu sehingga bersih-bersih bisa jadi . Berikut ulasan lengkapnya.

Faktanya, Membersihkan Rumah Bisa Meminimalkan Kecemasan
Membersihkan rumah bisa meminimalisasi kecemasan. (Revtama)

Inibaru.id – Bagi beberapa orang, kegiatan membersihkan rumah adalah hal yang sangat membosankan. Mereka perlu menyiapkan waktu yang banyak dan tenaga yang cukup untuk membersihkan sudut-sudut kotor di rumah. Namun, sebuah survei mengatakan, kegiatan ini justru bisa mengurangi kecemasan, lo.

Dari survei yang dilakukan di Amerika Serikat, 70 persen responden mengaku, kegiatan merapikan atau membersihkan rumah memberikan kepuasan tersendiri. Sebanyak 54 persen di antaraya mengatakan kegitan membersihkan rumah membuat mereka mengalami relaksasi.

Yap, sebuah sumber mengatakan, kegiatan bersih-bersih dapat mengontrol kecemasan. Para peneliti juga berpendapat, saat stres, orang cenderung menyukai perilaku berulang seperti membersihkan rumah.

Menurut psikolog Alicia H. Clark, semua itu berhubungan dengan kontrol. Alicia mengatakan, saat merasa cemas, seseorang ingin melakukan sesuatu yang berhubungan dengan pengendalian dan pengambilan tindakan. Kedua hal ini masuk dalam kegiatan membersihkan rumah seperti yang ditulis laman Medcom, Rabu (10/4/2019).

Kegiatan bersih-bersih bisa mengontrol kecemasan karena banyak orang yang nggak bisa melihat rumah berantakan. Ruangan yang kacau cenderung memunculkan emosi negatif seperti bingung, mudah marah, nggak nyaman, dan khawatir.

Alicia juga menekankan, meluangkan waktu meski hanya 10 menit sehari untuk membersihkan rumah dapat membantu meminimalkan kecemasan.

Dampak itu akan berbeda bila kamu berada di ruangan yang bersih. Ruangan yang bersih dan tertata akan memunculkan kelegaan, nyaman, tenang, dan rasa kesejahteraan.

Selain itu, saat membersihkan rumah, perhatianmu akan terfokus pada kegiatan sehingga masalah yang awalnya kamu pikirkan bisa teralihkan. Pikiran pun kembali tenang.

Sebuah penelitian lainnya juga menyebut perempuan yang tinggal di rumah yang berantakan cenderung memiliki kadar hormon stres kortisol lebih tinggi dibanding perempuan yang tinggal di rumah yang bersih.

Ide bagus nih buat kamu yang sedang merasa cemas, Millens. Tinggal beres-beres rumah, kecemasanmu bakal berkurang! (IB07/E04)