Fakta Unik Niki Harum, Saus Legendaris Andalan Warung Bakso dan Mi Ayam

Fakta Unik Niki Harum, Saus Legendaris Andalan Warung Bakso dan Mi Ayam
Saus Niki Harum, melegenda di warung-warung bakso dan mi ayam. (Shopee)

Kamu tentu nggak asing dengan saus bermerek Niki Harum, Millens. Saus ini bisa dengan mudah kamu temukan di warung bakso atau mi ayam. Hanya, kamu tahu nggak kalau saus ini memiliki fakta-takta yang cukup unik?

Inibaru.id - Meski mereknya nggak begitu terkenal, kamu pasti sangat akrab dengan saus "Niki Harum." Saus ini bisa dengan mudah kamu temukan di sebagian besar warung bakso atau warung mi ayam. Rasanya konon bisa membuat bakso atau mi ayam yang kamu pesan jadi makin nikmat. Hanya, kamu pernah terpikir nggak dari mana sebenarnya saus legendaris ini berasal?

Jadi gini, Millens. Saus yang sudah bertahun-tahun dinikmati masyarakat Indonesia ini diproduksi di Desa Kaligading, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Ada satu ciri khas dari saus ini yang membedakan dari saus-saus lainnya, khususnya dari jenama terkenal. Jika biasanya saus yang kita nikmati adalah saus sambal atau saus tomat, saus Niki Harum ternyata terbuat dari bahan baku ketela rambat atau ubi jalar.

Saus ini juga dijadikan pilihan penjual karena dianggap aman mengingat bahan-bahan utamanya nggak berbahaya. Klop! Ditambah dengan rasanya yang nikmat, saus ini pun terus dicari para pedagang makanan, khususnya bakso dan mi ayam.

Ganjar Pranowo saat mengunjungi pabrik saus Niki Harum. (Kompas)
Ganjar Pranowo saat mengunjungi pabrik saus Niki Harum. (Kompas)

Nama Niki Harum semakin wangi usai dipuji oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ganjar kagum karena meskipun pabrik saus ini berada di desa, namun produknya sudah menyebar ke seluruh Indonesia.

"Pabrik saus ini tengah desa, tapi pasarnya sudah sampai Jakarta, Surabaya. Ini bagus sekali," kata Ganjar saat mengunjungi pabrik saus Niki Harum pada 2018.

Produknya Nggak Hanya Saus, Namun Juga Kecap dan Sirup

Mengingat bahan utama dari saus Niki Harum adalah ubi jalar, maka pabrik saus ini pun membutuhkannya dalam jumlah banyak. Kabarnya, setiap kali produksi, Niki Harum membutuhkan 23 ton ubi jalar! Banyak juga, ya?

Meski banyak petani ubi jalar di sekitar Kendal atau Jawa Tengah, tetap saja jumlah tersebut terkadang nggak bisa dipenuhi. Alhasil, Niki Harum pun mencari ubi jalar hingga Jawa Timur.

Yang menarik dan nggak banyak orang tahu, ternyata Niki Harum nggak hanya memproduksi saus, lo, Millens. Kamu juga bisa mendapatkan kecap dan sirup dari pabrik ini. Terkadang, di warung mi ayam atau warung makanan lain, kita juga bisa melihatnya, kok.

Kalau kamu, apakah pasti juga menambahkan saus Niki Harum saat menyantap mi ayam atau bakso, Millens? (Kom/IB28/E07)