Fakta Unik Kemenangan Atletico Madrid pada Final Liga Eropa

Kemenangan 3-0 atas Olimpique Marseille membuat Atletico Madrid menyabet gelar Liga Eropa untuk kali ketiga. Selain mengeluarkan Atletico Madrid sebagai juara, pertandingan Kamis (17/5/2018) juga memiliki beberapa fakta unik, lo.

Fakta Unik Kemenangan Atletico Madrid pada Final Liga Eropa
Antoine Griezmann saat mencetak gol ke gawang Olympique Marseille di final Liga Eropa (Squawka.com)

Inibaru.id – Atletico Madrid berhasil mengalahkan Olympique Marseille di final Liga Eropa. Dalam pertandingan yang dilangsungkan Kamis (17/5/2018) dini hari WIB itu, Atletico mengalahkan Marseille pada final yang dilangsungkan di Lyon, Perancis dengan skor 3-0.

Kompas.com, Kamis (17/5) menulis, Atletico mendapatkan gelar Liga Eropa untuk ketiga kalinya berkat dua gol yang dicetak Antoine Griezmann dan gol dari sang kapten Gabi Fernandez di pengujung laga. Tim dari ibukota Spanyol ini pun menggenapi gelar Liga Eropa yang sebelumnya didapatkan pada 2010 dan 2012. Untuk ketiga kalinya juga Marseille harus meratapi kegagalannya di final Liga Eropa setelah final 1999 dan 2004.

Nah, pertandingan final Liga Eropa semalam menyisakan beberapa fakta menarik tentang kemenangan Atletico Madrid lo, Millens. Pertama, Antoine Griezmann merupakan pemain asal Prancis pertama yang mencetak gol di final Liga Eropa. Kedua, Fernando Torres mendapatkan gelar satu-satunya dan yang terakhir bagi klub yang membesarkan namanya karena kontrak Torres bakal berakhir musim ini.

Lebih lanjut, sejak musim 2013-2014, klub-klub dari Spanyol memenangi delapan dari sembilan final kompetisi Liga Champions dan Liga Eropa. Satu-satunya gelar yang lepas dari tim Spanyol adalah saat Manchester United memenangi Liga Eropa tahun lalu. Nah, tahun ini Atletico Madrid dapat merebut kembali gelar Liga Eropa yang sempat diraih Manchester United.

Selain itu, Kapten Atletico, Gabi yang hampir berumur 35 tahun itu menjadi pemain tertua yang mencetak gol di final kompetisi antarklub Eropa setelah Paolo Maldini yang mencetak gol di final legendaris Liga Champions 2005. Saat itu, Maldini berusia 36 tahun.

Terakhir, Griezmann menjadi pemain ketiga dari Atletico Madrid yang mencetak dua gol di final Liga Eropa. Sebelum ini, Diego Forlan melakukannya di final 2010 dan Radamel Falcao melakukannya dua tahun kemudian. Pemain lain yang mencetak dua gol di laga final Liga Eropa adalah pemain Sevilla, Carlos Bacca (2015) dan Coke (2016).

Eits, ada satu lagi yang menarik nih yakni final Liga Eropa digelar berbarengan dengan santap sahur perdana Ramadan tahun ini. Dengan begitu, sahurmu mungkin jadi lebih seru, Millens. He-he. Selamat berpuasa. (IB09/E04)