Fakta Sebenarnya dari Video 'Polisi Tilang Pengendara Motor di Diler'

Fakta Sebenarnya dari Video 'Polisi Tilang Pengendara Motor di Diler'
Video dengan narasi pengendara sepeda motor ditilang di diler viral di media sosial. (Kompas/Dok Satlantas Polresta Bandar Lampung)

Belakangan viral video dengan narasi, 'pengendara sepeda motor ditilang, padahal kendaraannya baru keluar dari diler'. Polisi pun mengeluarkan klarifikasi terkait kasus ini. Gimana fakta sebenarnya, ya?

Inibaru.id – Belakangan ini di media sosial viral video dengan narasi seorang anggota polisi menilang pengendara sepeda motor di sebuah diler. Nah, si pengendara nggak terima. Alasannya, sepeda motor sport biru ini baru saja dia dapatkan dari diler, sehingga belum dilengkapi atribut seperti pelat nomor.

“Posisinya masih di diler, Pak, bukan di jalan,” ujar laki-laki yang mendapatkan surat tilang ini dalam video yang sudah beredar sejak Kamis (23/6/2022) sore tersebut.

O ya, aparat kepolisian yang memberi surat tilang pada pengendara sepeda motor ini berasal dari Satlantas Polresta Bandar Lampung. Nggak mau kalah, pemberi tilang pun beradu pendapat dengan pemilik motor yang dianggapnya sudah melanggar peraturan lalu lintas.

Fakta Sebenarnya

Polisi memastikan kalau pengendara memang melanggar peraturan lalu lintas dan sepeda motor tidaklah berasal dari diler. (TikTok/popyherawati0)
Polisi memastikan kalau pengendara memang melanggar peraturan lalu lintas dan sepeda motor tidaklah berasal dari diler. (TikTok/popyherawati0)

Video yang viral di media sosial ini membelah komentar warganet. Ada yang pro dan nggak sedikit yang kontra. Hal ini pun sampai membuat Kasat Lantas Polresta Bandar Lampung Komisaris Polisi Rohmawan angkat bicara.

Rohmawan memastikan, narasi dalam video yang menunjukkan kalau polisi menilang sepeda motor yang baru saja keluar dari diler motor itu nggak benar. Video yang beredar ternyata hanyalah potongan cerita yang nggak lengkap.

Selain itu, proses pemberian surat tilang juga nggak dilakukan di diler, melainkan di jalan raya, tepatnya di Jalan Ahmad Yani, Bandar Lampung. Alasannya pun nggak mengada-ada. Menurutnya, Kawasaki Ninja warna biru itu nggak sesuai standar lantaran tanpa spion dan memakai knalpot racing.

Saat ketahuan polisi, pengendara masuk ke dalam area diler. Saat itulah terjadi perdebatan antara polisi dengan si pemilik sepeda motor.

“Karena pengendara tidak kooperatif, sepeda motor itu kami amankan di Mapolresta Bandar Lampung. Pengendara juga akan kami periksa untuk klarifikasi,” ungkap Rohmawan di Mapolresta Bandar Lampung, hari ini, Jumat (24/6).

Rohmawan juga menyesalkan potongan video tersebut viral di media sosial. Potongan video itu, imbuhnya, menunjukkan cerita yang keliru dan merugikan pihak kepolisian.

Duh, ternyata video polisi menilang pengendara sepeda motor yang baru keluar dari diler ini hoaks, ya? Baiknya memang saring dulu sebelum sharing ya, Millens! (Kom/IB09/E05)