Fakta Pelantikan Presiden: Habibie Satu-Satunya yang Dilantik di Istana

Fakta Pelantikan Presiden: Habibie Satu-Satunya yang Dilantik di Istana
Pelantikan BJ Habibie di Istana. (Kantor Kepresidenan)

Nggak seperti presiden lainnya yang dilantik di Gedung MPR RI, BJ Habibie justru dilantik menjadi presiden di Istana.

Inibaru.id – Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 bakal digelar Minggu (20/10/2019). Seperti biasa, pelantikan ini akan dilaksanakan di Gedung MPR RI, Jakarta. Gedung itu memang menjadi tempat langganan gelaran Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, meskipun dalam kesehariannya presiden berkantor di Istana Kepresidenan.

Namun, ada satu presiden yang dilantik di Istana Kepresidenan, Millens. Presiden itu adalah BJ Habibie. Presiden ketiga RI itu dilantik pada 1998, tepat satu hari sebelum Soeharto mundur dari kursi orang nomor satu di Indonesia.

Di tengah-tengah kerusuhan saat itu, pada Kamis 21 Mei 1998, Soeharto membacakan isi surat pengunduran diri sebagai Presiden Republik Indonesia di Istana Negara. Saat itu, Habibie turut hadir mendampinginya.

"Saya memutuskan untuk menyatakan berhenti dari jabatan saya sebagai Presiden Republik Indonesia," ujar Soeharto, seperti ditulis laman Merdeka, Jumat (18/10).

Setelah menyatakan mundur sebagai presiden, Soeharto lantas menunjuk Habibie untuk menggantikannya sebagai Presiden RI.

"Maka Wakil Presiden Republik Indonesia, Professor Doktor Ir. BJ Habibie yang akan melanjutkan sisa waktu jabatan Presiden mandataris MPR 1998-2003," lanjut Soeharto.

Saat itu, Habibie dilantik di Istana karena Gedung DPR/MPR telah diambil alih para demonstran yang didominasi berasal dari kalangan mahasiswa. Kendati pelantikan Habibie mengalami pro dan kontra, keputusan tersebut tetap dianggap sah secara konstitusional karena dihadiri Mahkamah Agung dan sejumlah pejabat MPR serta DPR.

Selain BJ Habibie yang dilantik menjadi presiden di Istana, Ir. Soekarno juga dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia Serikat di luar Gedung MPR RI. Soekarno dilantik di Sitihinggil Kraton Yogyakartya pada 17 Desember 1949.  Sementara presiden lainnya dilantik di Gedung MPR/DPR secara resmi.

Hayo, siapa yang baru tahu fakta ini? (IB07/E04)