Fakta Menarik Uighur, Suku Asal Aktris Dilraba Dilmurat

Fakta Menarik Uighur, Suku Asal Aktris  Dilraba Dilmurat
Dilraba Dilmurat berdarah Uighur-Turki. (xwtoutiao.cn)

Dilraba Dilmurat tengah menjadi perbincangan hangat. Siapa sangka, aktris asal Tiongkok ini punya darah Uighur dan Turki dalam dirinya. Bagaimana hubungan keduanya dan apa fakta menariknya?

Inibaru.id – Dilraba Dilmurat, aktris asal Tiongkok menjadi perbincangan publik setelah melaporkan penggemarnya ke pihak berwajib. Dirinya merasa kesal lantara terus diikuti. Nggak cuma dikuntit, orang tersebut juga diketahui mengirimkan pesan kepada orang tua Dilraba. Tindakan yang diambil Dilraba ini sontak bikin netizen kepo.

Perempuan yang sedang naik daun ini pernah dinobatkan sebagai perempuan tercatik Asia versi I-Magazine Fashion Face Awards 2017. Namanya kian melejit ketika dikabarkan menjalin asmara dengan mantan pemain AC Milan dan Chealsea, Alexander Pato.

Diketahui lahir di Urumqi, Xianjiang, Tiongkok, Dilraba punya nama yang berbeda dengan perempuan di wilayah itu. Hal tersebut disebabkan karena keturunan Uighur ini punya darah Turki di dalam dirinya. Lalu seperti apa sih suku Uighur yang merupakan asal perempuan berparas cantik ini?

Punya Paras Cantik dan Rupawan

Perempuan-perempuan Uighur dikenal sebagai yang tercantik. (Santrinews)<br>
Perempuan-perempuan Uighur dikenal sebagai yang tercantik. (Santrinews)

Keturunan suku Uighur dikenal punya paras cantik dan rupawan. Para penduduknya dikenal memiliki mata yang indah serta paras yang cantik nan rupawan. Penduduk asli Uighur akan berbeda dari penduduk Tiongkok kebanyakan. Nggak heran Dilraba dinobatkan sebagai perempuan tercantik se-Asia ya!

Tiongkok yang Beda

Berbeda dengan suku Tiongkok lainnya! (Dunia Tempo)
Berbeda dengan suku Tiongkok lainnya! (Dunia Tempo)

Secara administratif, Uyghur masuk dalam wilayah Republik Tiongkok meskipun mereka punya kultur yang berbeda. Sejatinya suku Uighur bukanlah orang Tiongkok. Secara fisik mereka nggak identik sama sekali dengan paras masyarakat Tiongkok kebanyakan. Pun dengan budaya dan agama mereka. Mayoritas masyarakat suku Uighur dikenal memeluk agama Islam.

Asal Usul Uighur

Leluhur mereka tinggal di Asia Tengah (RMOL)
Leluhur mereka tinggal di Asia Tengah (RMOL)

Nama Uighur kali pertama muncul dalam prasasti Orkhun Kork Tuk, termaktub dalam naskah abad pertengahan dan manuskrip Arab-Persia. Leluhur mereka adalah orang-orang kuno yang tinggal di Asia Tengah sejak milenium pertama sebelum masehi yang dikenal sangat strategis karena terletak di jalur perdagangan kuno antara Timur dan Barat.

Uighur sendiri menghubungkan peradaban Yunani-Romawi dengan budaya Buddha India dan Tradisi Asia Tengah serta Timur. Aktivitas perdagangan dan pertukaran budaya inilah yang membuat karakter kosmopolit yang ditandai dengan toleransi ras, suku, dan agama mereka.

Hubungan Erat Turki-Uighur

Turki punya hubungan erat dengan Uighur. (Okezone.com)
Turki punya hubungan erat dengan Uighur. (Okezone.com)

Banyak nasionalis Turki menganggap suku Uighur sebagai keluarga besar etnis Turki yang tersebar di seluruh Eurasia. Pada 1965, Turki menawaran perlindungan bagi sekitar 250 orang Tionghoa yang melarikan diri dengan berjalan kaki ke Afghanistan. Pemerintah Turki kemudian mengantar mereka keluar dari Kabul dan menempatkan mereka di sebagian besar Kota Kayeseri, Turki Tengah.

Nah, sekarang semakin jelas kenapa Dilrama punya darah keturunan Tionghoa dan Turki ya, Millens! (Lip/IB27/E05)