Fakta Menarik di Balik Pembukaan Asian Games 2018

Fakta Menarik di Balik Pembukaan Asian Games 2018
Pembukaan Asian Games 2018 yang spektakuler. (Reuters)

Pembukaan Asian Games 2018 pada Sabtu (18/8/2018) di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta memukau ribuan penonton. Di balik semua itu, ada sejumlah fakta menarik yang asyik untuk diulik.

Inibaru.id – Pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8/2018) di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta digelar sangat megah. Lapangan sepak bola itu disulap menjadi panggung pertunjukan raksasa dengan tata panggung, tata lampu, dan para penampil yang memukai. Ya, acara pembukaan itu membuktikan Indonesia mampu menyelenggarakan acara berskala internasional.

Stadion sepak bola itu tampak sangat berbeda dengan biasanya. Panitia menghias lapangan sepak bola tersebut dengan pangung berbentuk menyerupai gunung, lengkap dengan konsep laut di bawahnya. dengan segala pernak-perniknya, panggung dengan ukuran panjang 120 meter, lebar 30 meter, serta tinggi 26 meter itu memiliki berat 600 ton. Wah, berat banget!

Hasil gambar untuk panggung pembukaan asian games 2018

Panggung pembukaan Asian Games 2018. (Brilio.net)

Panggung yang dikerjakan seniman Bandung dan Jakarta itu patut diacungi jempol. Ini karena panggung itu menggambarkan "Indonesia banget". Bagaimana tidak, panggung itu menampilkan pemandangan gunung yang besar dilengkapi dengan berbagai tumbuhan ciri khas Indonesia, plus dipadukan dengan konsep laut di bawahnya. Ini menunjukkan bila Indonesia adalah negara maritim sekaligus negara kepulauan.

Selain panggung yang megah dan mewah, pembukaan ajang olahraga terbesar di Asia itu juga diramaikan dengan pertunjukan kolosal yang memesona. Para musisi kebanggan Indonesia pun turut memeriahkan acara itu. Sebut saja Anggun, Raisa, Tulus, Via Vallen, Ariel NOAH, Rossa, Rian D'Masiv, Cakra Khan, Rinni Wulandari, Wizzy, Edo Kondologit, Putri Ayu, Fatin, GAC, dan Kamasean menyumbangkan suara emasnya untuk memberi suguhan menarik bagi para tamu.

https://cdn.brilio.net/news/2018/08/18/150665/750xauto-bikin-jokowi-ikut-goyang-di-asian-games-2018-ini-curhatan-via-vallen-1808188.jpg

Via Vallen menyanyikan salh satu official theme song Asian Games 2018. (Brilio.net)

Penampilan 5.000 penari menambah semarak pesta pembukaan. Mereka menampilkan tarian dari arahan koreografer andal Denny Malik dan Eko Supriyanto. Para penari itu sudah diseleksi sebelumnya. Mereka terdiri atas beragam usia, suku, dan golongan.

Ribuan penari Saman yang membuka Asian Games 2018. (Cnnindonesia.com)

Ratusan pemusik juga meramaikan acara pembukaan Asian Games 2018. Di bawah arahan Addie MS dan Ronald Steven, para pemusik menggelorakan semangat lewat tetabuhan mereka. Oh iya, pianis muda yang menjuarai ajang internasional Joey Alexander juga turut menyemarakkan pembukaan ini.

Pesta pembukaan Asian Games melibatkan sosok-sosok yang hebat di bidangnya, antara lain Wishnutama sebagai direktur kreatif; Ronald Steven dan Addie MS sebagai penata musik; Eko Supriyanto dan Denny Malik sebagai koreografer; serta Dynand Fariz dan Rinaldy Yunardi sebagai penata busana.

Hasil gambar untuk di balik layar pembukaan asian games 2018

Otak di balik pembukaan Asian Games 2018. (Instagram.com)

Sekitar 40 ribu penonton memadati Stadion Gelora Bung Karno untuk menyaksikan acara tersebut. Dengan suguhan yang spektakuler itu, penonton mungkin nggak akan menyesal mengeluarkan uang Rp 750 ribu sampai Rp 5 juta untuk menyaksikan salah satu acara bersejarah ini.

Semoga kemeriahan dan kemegahan pembukaan Asian Games menjadi awal yang baik untuk keberlangsungan pertandingan hingga 2 September nanti ya, Millens. Yuk, dukung terus para atlet Indonesia agar bisa berjaya di Asian Games tahun ini. (MG12/E04)