Fakta Menarik Jelang Laga Spurs vs Liverpool

Fakta Menarik Jelang Laga Spurs vs Liverpool
Spurs vs Liverpool (Thisisanfield)

Laga antara Liverpool dan Tottenham Hotspurs di final Liga Champions 2019 ternyata memiliki banyak fakta unik dan menarik. Apa sajakah fakta-fakta tersebut?

Inibaru.id – Partai final Liga Champions 2019 yang mempertemukan Tottenham Hotspurs dan Liverpool akan menjadi laga penutup musim ini di Benua Biru. Sebelum menonton pertandingan yang bakal digelar pada Sabtu (1/6/2019) atau Minggu (2/6) dini hari waktu Indonesia, simak dulu yuk fakta menarik tentang laga kedua tim dari Liga Inggris tersebut.

Berikut adalah beberapa di antaranya.

Kedua Tim Lolos ke Babak Final secara Dramatis

Liverpool dan Spurs sama-sama di ujung tanduk saat menjalani laga kedua babak semifinal. Liverpool tertinggal 0-3 dari Barcelona dan Spurs tertinggal 0-1 saat harus bertandang ke Ajax Amsterdam. Namun, secara luar biasa Liverpool membalikkan keadaan dan menang 4-0 atas salah satu raksasa Eropa tersebut. Spurs juga tampil gemilang dan menang 3-2 sehingga lolos berkat unggul gol di kandang lawan.

Final Pertama Spurs

Jika Liverpool sudah memenangi lima gelar Liga Champions sebelumnya, Spurs malah baru kali pertama mencapai babak final. Catatan terbaik Spurs sebelumnya adalah masuk babak semifinal pada musim 1961-1962.

Final Klub dari Negara yang Sama Keenam Sejak 2000

Laga Spurs vs Liverpool adalah untuk kali keenam pertandingan Final Liga Champions yang mempertemukan dua tim dari satu negara. Real Madrid memenangi tiga laga final setelah mengalahkan Valencia pada tahun 2000 dan Atletico pada tahun 2014 dan 2016.

AC Milan membungkam Juventus pada 2003 dan Bayern Muenchen mengalahkan Borussia Dortmund pada 2013. Sementara itu, final sesama tim dari Inggris terakhir terjadi pada tahun 2008. Saat itu, Manchester United mengalahkan Chelsea lewat adu penalti.

Final Kelima yang Diadakan di Kota Madrid

Laga antara Spurs melawan Liverpool akan dilangsungkan di kandang Atletico Madrid, Stadion Wanda Metropolitano. Empat babak final di Kota Madrid sebelumnya berlangsung di kandang Real Madrid, Stadion Santiago Bernabeu.

Peraturan Baru Pergantian Pemain

Jika di babak-babak sebelumnya setiap klub hanya diperbolehkan membawa tujuh pemain di bangku cadangan, di babak final Spurs dan Liverpool boleh membawa 12 pemain cadangan. Selama pertandingan berlangsung, mereka hanya boleh mengganti tiga pemain. Namun, jika pertandingan memasuki babak perpanjangan waktu, mereka boleh melakukan pergantian pemain keempat.

Sudah siap menonton pertandingan final Liga Champions musim ini, Millens? (IB09/E04)