Fakta-Fakta Kemenangan Liverpool di Piala Super Eropa
Liverpool, juara Piala Super Eropa 2019 (Twitter/ChampionsLeague)

Fakta-Fakta Kemenangan Liverpool di Piala Super Eropa

Liverpool melengkapi gelar Liga Champions 2018-2019 dengan gelar Piala Super Eropa 2019. Gelar itu didapatkannya setelah mengalahkan Chelsea lewat babak adu penalti dengan skor 5-4.

Inibaru.id – Liverpool mengawali musim 2019-2020 dengan menjuarai Piala Super Eropa 2019. Juara Liga Champions 2019 ini mengalahkan Juara Liga Eropa 2019, Chelsea melalui babak adu penalti di pertandingan yang diadakan di Vodafone, Park, Istanbul, Turki, pada Kamis (15/8/2019) dini hari.

Kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal dan 2-2 di babak tambahan. Di babak penalti, tendangan terakhir yang diambil pemain Chelsea, Tammy Abraham ditepis kiper Liverpool, Adrian. Skor pun berubah menjadi 5-4 dan Liverpool menggondol trofi Piala Super Eropa untuk keempat kalinya.

Berikut adalah beberapa fakta menarik dari pertandingan tersebut.

Wasit Perempuan Pertama di Pertandingan Bergengsi UEFA

Wasit Stephanie Frappart dari Prancis dan dua hakim garis Manuela Nicolosi (Prancis) serta Michelle O’Neal (Irlandia) mencatatkan sejarah sebagai pengadil perempuan pertama yang tampil di laga bergengsi di bawah naungan federasi sepak bola Eropa (UEFA).

Laga Piala Super Eropa Pertama yang Pertemukan Dua Tim dari Inggris

Piala Super Eropa 2019 menjadi laga pertama yang mempertemukan dua tim dari Inggris. Sebelum ini, hanya tim-tim dari Spanyol dan Italia yang pernah bertanding melawan tim senegaranya.

Adrian, Sang Pahlawan Liverpool

Adrian San Miguel yang baru saja didatangkan Liverpool setelah kontraknya nggak diperpanjang West Ham mendapatkan gelar pertama di klub barunya di pertandingan pertamanya sebagai starter. Sebelum ini, Adrian tampil sebagai pengganti Allison yang mengalami cedera di pertandingan pertama Liga Inggris melawan Norwich City.

Keberuntungan Liverpool di Istanbul

Istanbul sepertinya menjadi kota yang ramah bagi Liverpool. Pada 2005 silam, mereka menjuarai Liga Champions setelah mengalahkan AC Milan lewat adu penalti. Kini, Liverpool juga menjadi juara Piala Super Eropa di tempat yang sama.

Chelesa Belum Bisa Raih Piala Super Eropa

Tiga kali Chelsea bertanding di Piala Super Eropa, tiga kali pula mereka gagal meraih gelar juara. Sebelum tunduk di tangan Liverpool tahun ini, Chelsea dikalahkan Bayern Muenchen di Piala Super 2013 dan kalah telak dari Atletico Madrid pada Piala Super 2012.

Chelsea hanya pernah menjuarai Piala Super saat masih berstatus Piala Super UEFA pada 1998. Saat itu, mereka mengalahkan Real Madrid.

Selamat Liverpool. Seru nggak nih pertandingan semalam, Millens? (IB09/E04)